Breaking News:

Potensi Gempa 8,7 di Sukabumi dan Tsunami, Ini Kata BMKG, Ingatkan Ancaman Megathrust Selat Sunda

Ada juga potensi gempa 8,7 di Selat Sunda dan sekitarnya karena megathrust Selat Sunda.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: taufik ismail
via Kompas.com
Pemutakhiran segmentasi Megathrust Peta Gempa Nasional 2017. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Gempa bumi magnitudo 6,7 di Sumur Banten, Jumat (14/1/2022) kemarin membuat kerusakan di beberapa tempat, termasuk di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Guncangan terasa cukup kencang di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi. 

Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa kemarin tidak berpotensi tsunami karena magnitudonya yang masih di bawah ambang batas rata-rata gempa pembangkit tsunami yaitu 7,0. 

"Ditambah dengan kedalaman hiposenternya di 40 km. Data monitoring muka laut tidak menunjukkan adanya catatan perubahan muka laut pascagempa, ini yang menjadi bukti bahwa gempa yang terjadi tidak memicu tsunami," kata Daryono dalam keterangannya kepada Tribunjabar.id, Sabtu (15/1/2022). 

Ia mengatakan, gempa yang terjadi kemarin bukan ancaman sesungguhnya.

Menurutnya, terdapat segmen megathrust Selat Sunda yang dapat memicu gempa bermagnitudo 8,7. 

"Gempa Ujung Kulon kemarin sebenarnya bukan ancaman sesungguhnya karena segmen megathrust Selat Sunda mampu memicu gempa dengan magnitudo tertarget mencapai 8,7 dan ini dapat terjadi sewaktu-waktu, inilah ancaman yang sesungguhnya," jelasnya. 

Daryono mengatakan, gempa itu bisa terjadi kapan saja karena Selat Sunda merupakan salah satubzona seismic gap di Indonesia yang sudah ratusan tahun tidak terjadi gempa besar. 

"Kapan saja dapat terjadi karena Selat Sunda ini merupakan salah satu zona seismic gap di Indonesia, yang selama ratusan tahun belum terjadi gempa besar sehingga patut diwaspadai karena berada di antara 2 lokasi gempa besar yang merusak dan memicu tsunami, yaitu gempa Pangandaran magnitudo 7,7 (2006) dan Gempa Bengkulu magnitudo 8,5 (2007)," terangnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved