Breaking News:

Soal Vaksinasi Booster, Dinkes KBB Tunggu Juklak Juknis, Kemungkinan Digelar Minggu Depan

Hingga saat ini Dinas Kesehatan KBB belum melakukan kick off booster atau pemberian vaksin ketiga karena belum ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk

ANTARA FOTO
Ilustrasi vaksin booster 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga saat ini masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis untuk mengadakan vaksinasi booster kepada masyarakat.

Atas hal tersebut, hingga saat ini Dinas Kesehatan KBB belum melakukan kick off booster atau pemberian vaksin ketiga karena belum ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya.

Kepala Dinas Kesehatan, KBB, Eisenhower Sitanggang, mengatakan, jika ketentuan itu sudah ada maka booster kepada masyarakat umum secepatnya dilakukan karena program tersebut sudah menjadi instruksi pemerintah pusat.

Baca juga: Sebelumnya Vaksin Sinovac tapi Bingung Pilih Vaksin Booster? Ini Kombinasi yang Disarankan

"Jadi untuk pelaksanaan vaksinasi booster di KBB belum dilakukan, karena kami masih menunggu juklak juknisnya terlebih dahulu," ujar Eisenhower di kantornya, Jumat (14/1/2022).

Selain masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis, vaksinasi booster itu belum dilakukan karena, Pemda KBB masih berkonsentrasi untuk percepatan penyelesaian vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun.

"Saat ini prosesnya terus dilakukan karena harus menyasar kepada 173.176 anak. Kami kini tengah konsentrasi menyelesaikan 100 persen sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun," katanya.

Tapi, kata Eisenhower, jika petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya vaksinasi booster tersebut sudah turun, kemungkinan bisa dilaksanakan pada pekan depan.

"Vaksinasi booster itu untuk menciptakan herd immunity di masyarakat dan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron," ucap Eisenhower.

Baca juga: 10 Kota/Kabupaten yang Bisa Laksanakan Vaksinasi Booster, Golongan Masyarakat Ini yang Diutamakan

Ketua Harian Satgas Covid-19 KBB, Asep Sodikin menambahkan, untuk saat ini Pemda KBB masih memaksimalkan capaian vaksinasi Covid-19, termasuk bagi anak usia 6-11 tahun.

"Upaya itu sudah sejalan dengan kebijakan pusat, termasuk sesuai arahan dari Pak Presiden, vaksinasi booster akan segera dilakukan, gratis," kata Asep.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved