Breaking News:

Masih Ada Pergerakan Tanah, Aparat Gabungan yang Urus Longsor di Cibugel Sumedang Ditarik Mundur

Proses evakuasi material longsor diharapkan bisa berlangsung secepatnya. Namun, pemerintah setempat masih menunggu kedatangan backhoe milik Bina Marga

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Seli Andina Miranti
Dok Polsek Cibugel
Tebing setinggi 10 meter dan lebar 15 meter di Desa Buanamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat longsor, Kamis (13/1/2022) malam. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Akses jalan penghubung Sumedang-Garut di Desa Buanamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat hingga kini belum bisa dilalui kendaraan.

Proses evakuasi material longsor diharapkan bisa berlangsung secepatnya. Namun, Unsur Forkopimcam setempat masih menunggu kedatangan backhoe milik Bina Marga.

"Belum, hingga saat ini belum bisa dilewati kendaraan, kami masih menunggu kedatangan backhoe, " ujar Camat Cibugel, Nuryadin, saat dihubungi TribunJabar, Jumat (14/1/2022) dini hari.

Baca juga: Diganti Rugi Rp 3,6 m, 6 Rumah di Perkampungan Sumedang Diratakan dengan Tanah Untuk Tol Cisumdawu

Selain itu, kata Nuryadin, pergerakan tanah di lokasi bencana tanah longsor kawasan Buanamekar, masih terjadi.

"Hingga kini, pergerakan tanah masih terjadi di lokasi tersebut, bahkan untuk mengantisipasi longsor susulan, seluruh aparat gabungan telah ditarik mundur dari lokasi kejadian," kata dia.

Nuryadin menyebutkan, supaya tidak ada yang mendekati tempat kejadian, pihaknya mengaku telah menutup akses jalan menuju lokasi kejadian.

"Saat ini, jalan dengan radius 200 meter dari lokasi kejadian pun telah ditutup. Tinggal menunggu backhoe yang berukuran kecil, karena jika menggunakan backhoe berukuran besar, harus melalui akses jalan Limbangan, Kabupaten Garut," ucapnya.

Nuryadin mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Terlebih, bencana tanah longsor kerap terjadi saat musim peghujan ini.

Baca juga: Pergerakan Tanah di Palabuhanratu Sukabumi Rusak Jalan Nasional, Aspal Terbelah

"Warga diimbau untuk waspada menghadapi cuaca ekstrem," ujar dia.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved