Breaking News:

Vaksin Booster Telah Tersedia, Kadinkes Sebut Sudah Bisa Dimulai di Kota Bandung, Ini Syaratnya

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan pemberian vaksin booster diberikan jika dosis pertama dan kedua selesai diikuti.

clinical trial arena
Ilustrasi vaksin covid-19 Pfizer, Sinovac, Moderna dan AstraZeneca 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pelaksanaan vaksin booster di Kota Bandung dimulai hari ini setelah ketersediaan vaksin yang datang Senin (10/1/2022) malam. Vaksin booster ini bertujuan untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan pemberian vaksin booster diberikan jika dosis pertama dan kedua selesai diikuti.

Menurutnya, sasaran vaksin booster ialah usia di atas 18 tahun, peserta vaksin telah lebih dari enam bulan saat vaksin keduanya, dan sudah memiliki tiket vaksin booster yang dicek melalui aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: 48 Ribu Warga Kota Sukabumi Disuntik Vaksin Dosis Ketiga: Terima Kasih Pemerintah

"Vaksinasi booster ini diberikan secara bertahap sesuai ketersediaan vaksin dan prioritas. Jika dicek belum ada tiketnya, maka tunggu saja nanti akan ada gilirannya, sebab pemerintah memprioritaskan dahulu lansia dan kelompok yang rentan," katanya, Kamis (13/1/2022).

Sebaliknya, jika sudah miliki tiket, maka peserta bisa hubungi atau mendaftar ke faskes terdekat puskesmas atau pos vaksinasi yang sudah ada.

Ahyani juga mengatakan ada yang berbeda dari pemberian booster sesuai dengan yang diterima Januari ini.

"Jika dosis 1 dan 2 jenis sinovac maka boosternya bisa pfizer atau astra zeneca. Dosisnya itu setengah dosis dari vaksin pertama dan kedua. Misal, pfizer itu 0,3 cc maka booster cukup 0,15 cc. Lalu, jika astra zeneca diberikan 0,5 cc maka booster cukup 0,25 cc sesuai dengan hasil penelitian uji klinis," ujarnya.(*)

Baca juga: Vaksin Booster untuk Siapa Saja? Berikut Cara dan Persyaratannya untuk Mendapatkan Vaksin Booster

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved