Breaking News:

Guru Rudapaksa Santriwati

Soal Tuntutan Hukuman Mati untuk Herry Wirawan, MUI sampai Ridwan Kamil dan Pimpinan Ponpes Setuju

Namun, banjir dukungan hukuman mati untuk Herry Wirawan itu jangan sampai hakim memvonis berdasarkan keinginan masyarakat lewat media sosial.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Ravianto
Humas Kejati Jabar
Terdakwa kasus rudapaksa 13 santriwati di Kota Bandung, Herry Wirawan saat ikuti sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Bandung di Jalan LLRE Martadinata Kota Bandung, Selasa (11/1/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bukan hanya para elite di Jakarta yang mendukung Jaksa Penuntut Umum menuntut hukuman mati dan kebiri bagi guru pesantren Herry Wirawan yang merudapaksa santriwati, keinginan serupa juga terjadi di Jawa Barat.

Namun, banjir dukungan hukuman mati untuk Herry Wirawan itu jangan sampai hakim memvonis berdasarkan keinginan masyarakat lewat media sosial.

Hal ini diungkapkan  dosen hukum pidana dari Universitas Padjadjaran, Yesmil Anwar.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mendukung upaya jaksa memberikan hukuman maksimal kepada Herry Wirawan, pengelola boarding school di Kota Bandung, yang diduga kuat telah menodai 13 siswinya selama bertahun-tahun hingga beberapa di antaranya hamil dan melahirkan.

Sekretaris Umum MUI Jabar, Rafani Achyar, mengatakan pemerkosaan adalah perbuatan keji dan biadab.

Terkait kasus ini, ujar Rafani, pelaku juga menggunakan simbol agama dan pendidikan dalam melakukan kejahatannya.

Itu sebabnya, hukuman mati untuk pelaku, menurut Akhyar, adalah tepat dan harus dikabulkan oleh majelis Hakim. 

"Karena jaksa sudah menuntut itu, ya harapannya hakim bisa sesuai lah dengan tuntutan jaksa. Jadi, tuntutan itu ada esensi ya, untuk menimbulkan efek jera, supaya tidak ada yang lain yang berbuat seperti itu," ujarnya kepada Tribun Jabar, Rabu (12/1)

Hal senada juga diungkapkan  KH Sa'dulloh, Pemimpin Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang.

KH Sa'dulloh menilai, pemberian hukuman mati bagi pelaku adalah hal yang pantas.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved