Breaking News:

Siaga Gelombang Tiga Covid-19 Varian Omicron, Pemkab Purwakarta Siagakan 4 RS Untuk Rawat Pasien

Pemkab Purwakarta siaga virus COVID-19 varian Omicron meski cakupan vaksinasi cukup tinggi mendekati target, Bupati Purwakarta Anne Ratna siapkan

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Dwiki MV
RSUD Bayu Asih Purwakarta 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta siaga virus COVID-19 varian Omicron, meski cakupan vaksinasi cukup tinggi mendekati target, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika siapkan fasilitas kesehatan untuk perawatan pasien positif COVID-19 varian Omicron.

Ia mengungkap, untuk mengantisipasi penyebaran varian Omicron, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah strategi yang diperkuat secara masif.

"Kita terapkan enegakan protokol kesehatan, penguatan testing, tracing, dan isolasi terpusat, serta akselerasi vaksinasi, terutama untuk lansia dan anak-anak," ujar Anne usai meninjau vaksinasi booster di Aula Pemkab Purwakarta, Kamis (13/1/2022).

Pihaknya juga telah mempersiapkan segala kebutuhan rumah sakit dan obat-obatan untuk antisipasi hal buruk terjadi akibat gelombang virus COVID-19 varian omicron.

"Terutama di titik keramaian akan kita tingkatkan pengawasan, kemudian juga tracing di dua laboratorium di Dinas Kesehatan dan RSUD Bayu Asih Purwakarta," kata dia.

Pemkab Purwakarta juga telah menyiapkan empat rumah sakit rujukan jika ditemui kasus positif COVID-19 varian Omicron di Purwakarta.

"Kita siapkan di RSUD Bayu Asih, RS Asri, RS Abdul Radjak dan RS Siloam. Dengan keempat rumah sakit itu, kita sudah lakukan koordinasi dan mereka siap," ujarnya.

Anne mengaku, sejauh ini belum ada indikasi warga terpapar virus COVID-19 varian Omicron di Purwakarta. Namun, satu orang warga sempat terindikasi positif COVID-19 varian Delta.

"Mudah-mudahan minggu ini sudah selesai dan kembali zero positif untuk seluruh kecamatan di Purwakarta," kata Anne.

Anne juga mengingatkan kembali agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama ketika beraktivitas di luar rumah. Karena protokol kesehatan sangat penting dalam upaya menekan laju penyebaran COVID-19 di Purwakarta.

"Saya berharap masyarakat untuk tetap tenang dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat untuk langkah preventif. Serta aktif dan produktif tapi tetap sehat dengan 5M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved