Breaking News:

Respon Polda Jabar soal Klaim Ratusan Ulama Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Habib Bahar

Polda Jabar mengaku belum menerima surat penangguhan penahanan dari Habib Bahar bin Smith yang kembali diajukan melalui kuasa hukumnya. 

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Nazmi Abdulrahman
Habib Bahar bin Smith, tiba di Polda Jabar untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan ujaran kebencian yang diduga dilakukan saat mengisi ceramah di Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Polda Jabar mengaku belum menerima surat penangguhan penahanan dari Habib Bahar bin Smith yang kembali diajukan melalui kuasa hukumnya. 

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya belum menerima surat pengajuan penangguhan penahanan kedua dari kuasa hukum Habib Bahar.

"Sampai sekarang memang kita belum terima pengajuannya itu, tetapi apabila ada pola seperti itu, pandangan kita harus objektif dari sisi penangguhan penahanan berdasarkan dengan aturan dan tata kelola prosedur," ujar Tompo, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Cerita Mulyanto Terpidana Teroris eks Anggota JAD kembali ke NKRI : Saya Tersesat Begitu Jauh

Menurutnya, penangguhan penahanan terhadap Habib Bahar harus dilakukan secara objektif dengan berbagai pertimbangan. Sebab, saat ini Bahar masih dibutuhkan dalam proses penyidikan.

"Seperti yang sudah saya sampaikan, karena pasal yang dilanggarnya ini mempunyai ancaman hukuman lima tahun, subjektifnya karena keperluan terhadap penyelesaian berkas perkaranya. Saudara BS masih dibutuhkan untuk kepentingan penyidikan. Kita konsen pada penyelesaian berkas perkaranya," katanya.

Sebelumnya, ratusan ulama diklaim menjadi penjamin Habib Bahar bin Smith, dalam surat pengajuan penangguhan penahanan yang dilayangkan ke Polda Jabar.

Kuasa Hukum Habib Bahar, Ichwan Tuankotta mengatakan, pihaknya sudah mengajukan penangguhan penahan untuk yang kedua kalinya ke Polda Jabar.

Baca juga: Anggota DPRD Indramayu Terima Surat Kaleng Berisi Kisah Pilu Honorer Diperlakukan Tak Manusiawi

"Iya benar (diajukan penangguhan). Karena kita nunggu jawaban dari penyidik bagaimana. Maka kita ajukan lagi," ujar Ichwan Tuankotta.

Dalam pengajuan kedua ini, kata dia, ratusan ulama menjadi penjamin Bahar, termasuk istri dari habib Bahar sendiri.

"Seluruh ulama Se-Jabar. Ratusan ulama Se-Jabar menjamin habib Bahar. Kemudian dari istri habib Bahar," katanya.

Menurutnya, Bahar tidak mungkin melarikan diri atau menghilangkan barang bukti, seperti yang dikhawatirkan penyidik Polda Jabar.

"Kami yakin tidak akan melarikan diri lah. Apalagi dijamin ulama segitu banyaknya," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved