Breaking News:

Kisah Perjuangan Vaksinator Covid-19 Saat Suntik Anak Menangis Hingga Blusukan ke Pelosok KBB

Fitria Dwiyari (23), seorang vaksinator Covid-19 terlihat sabar saat menghadapi anak usia 6-11 tahun yang menangis saat menjalani vaksinasi Covid-19

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN
Fitria Dwiyari (23), vaksinator Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Fitria Dwiyari (23), seorang vaksinator Covid-19 terlihat sabar saat menghadapi anak usia 6-11 tahun yang menangis saat menjalani vaksinasi Covid-19 di Mapolres Cimahi, Kamis (13/1/2022).

Para siswa itu menangis karena tak semua anak berani menghadapi jarum suntik, sehingga Fitria pun harus menenangkan dan membujuk mereka dengan berbagai cara supaya mereka mau disuntik vaksin.

Terik panas matahari dan banyaknya anak usia 6-11 tahun dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi yang akan menjalani vaksinasi, tak menyurutkan Fitria untuk menyelesaikan tugasnya sebagai vaksinator.

"Kita sebagai vaksinator memang harus kerja keras dan lebih sabar saat menghadapi anak yang menangis karena takut disuntik vaksin," ujar Fitria saat ditemui di Mapolres Cimahi.

Selama menjalani pekerjaan sebagai vaksinator, Fitria banyak menemukan anak yang menangis karena enggan untuk divaksin, tetapi dia tidak menyerah dan terus berusaha agar program vaksinasi ini bisa berjalan lancar.

"Cara menyiasatinya agar mereka mau divaksin, kita rayu, misalnya nanti kita kasih susu atau apa, kaya gitu karena sebelumnya anak-anak menolak," katanya.

Dengan cara seperti itu, usaha Fitria untuk membujuk anak yang menangis terbukti ampuh karena akhirnya mereka mau disuntik vaksin, meski saat disuntik mereka tampak ketakutan.

"Sebagian besar anak yang menolak itu karena takut, misalnya saat dia melihat anak yang lain nangis, nah dia juga ikut nangis, terus kita tenangkan," ucap Fitria.

Sementara bagi anak yang tetap menolak dan menangis, Fitria harus menunda dulu vaksinasi bagi anak tersebut karena dikhawatirkan mereka bisa trauma.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved