Breaking News:

Kiat Bisnis dan Jadi Pengusaha, Mulai Saja Dulu, Teknologi Sudah Maju dan Jangan Lupa Silaturahmi

Pilihan jadi pengusaha sejak muda memang tidak sulit. Banyak tantangan dan beresiko. Tapi itu jadi cara untuk mendapat banyak rejeki.

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Mega Nugraha
Istimewa
Kick Off Cempir, diskusi kewirausahaan yang digelar Dispora Kota Bandung dengan Commpass di Gelanggang Generasi Muda, Jalan Merdeka Kota Bandung, Kamis (13/1/2022).  

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Pilihan jadi pengusaha sejak muda memang tidak sulit. Banyak tantangan dan beresiko. Tapi itu jadi cara untuk mendapat banyak rejeki.

"Dengan berusaha, akan memberikan peluang ekonomi yang lebih besar. Kalau ingin rejeki lebih banyak, harus mau mengambil risiko yang lebih besar," ujar Ridwansyah Yusuf, Direktur Utama Instrat dalam diskusi soal kewirausahaan yang digelar Dispora Kota Bandung dengan Commpass di Gelanggang Generasi Muda, Jalan Merdeka Kota Bandung, Kamis (13/1/2022). 

Ridwansyah Yusuf menjelaskan, dunia usaha memang penuh dengan ketidakjelasan. Namun hal ini bukanlah alasan untuk memulai berusaha. Dia berbagi kiat bisnis sederhana namun seringkali teruji. 

Baca juga: Menko Airlangga Dorong Pemuda sebagai Wirausaha Sosial yang Memberdayakan Masyarakat Saat Pandemi

"Bisnis mulai saja dulu, jangan kebanyakan mikir. Karena kalau belum gagal, belum tentu bisa inovasi, kreatif.
Thomas Alfa Edison berapa kali pecah bohlamnya, sebelum bisa kita rasakan terangnya sekarang," kata dia.

Sementara itu, Rio F Wilantara, Komisaris BJB Syariah, menambahkan, sektor UMKM menjadi salah satu pilihan usaha terutama bagi pemula. Selain relatif lebih mudah untuk memulainya, sektor inipun terbukti lebih kuat terhadap krisis ekonomi.

"2008 dunia mengalami krisis global. Hanya empat negara yang terbebas krisis, salah satunya Indonesia karena UMKM-nya. Kita dibantu penjual kopi di pinggir jalan, kios, tukang batagor," katanya.

Baca juga: Minat Jadi Entrepreneur? Ada Kompetisi Wirausaha, Total Hadiah Rp 2,5 Miliar, Berikut Caranya

Rio mengajak generasi muda yang hendak berwirausaha untuk lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi.

"Teknologi harus jadi tool untuk mengembangkan bisnis," katanya.

Hal serupa disampaikan Edwin Khadafi yang memulai usahanya dengan modal nol rupiah. Lantas, bagaimana memulai usaha jika tanpa modal.

"Semua bisnis saya dimulai dengan uang yang tidak cukup, bahkan tidak ada. Semua bisa dibantu dengan silaturahmi. Berkolaborasi dengan siapapun," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved