Breaking News:

Baru Enam OPD di Cimahi yang Masuk Zona Integritas Birokrasi Bersih Melayani, Ini Perinciannya

Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada kementerian dan lembaga yang berkomitmen untuk bebas dari korupsi dan menjadi wilayah birokra

TRIBUNJABAR.ID/DENI DENASWARA
DISTERILKAN : Sejumlah pekerja membersihkan untuk sterilisasi kasur pasien yang telah dipakai di halaman Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat, Cimahi, Rabu (30/6/2021). Melonjaknya pasien Covid-19 di sejumlah daerah di Jawa Barat, pemerintah menghimbau agar rumah sakit mengedepankan pasien Covid-19. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada kementerian dan lembaga yang berkomitmen untuk bebas dari korupsi dan menjadi wilayah birokrasi yang bersih melayani melalui upaya pencegahan korupsi, rwformasi birokrasi dan upaya peningkatan pelayanan publik.

Hal itu disampaikan Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana dalam apel Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di RS Dustira, Kamis (13/01/2022). 

Ngatiyana mengatakan, bahwa  rumah sakit menjadi bagian yang sangat penting menjadi zona integritas WBBM.

Rumah sakit adalah tempat yang sangat pwnting dan strategis dalam bidang pelayanan publik rumah sakit pun memiliki pengelolan sumber daya yang cukup besar dan memiliki tingkat keberhasiln reformasi birokrasi sehingga menjadi tolok ukur keberhasilan dalam hal pelayanan publik.

"Korupsi di Indonesia susah masuk dalam tahap kronis. Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan siatem pwnyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional," kata Ngatiyana.

Konsep ini, menurut Ngatiyana, sudah ada sejak diterbitaknnya Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi dan mengatur tentang pelaksanaan program perihal reformasi birokrasi.

"Untuk itulah pada Juli 2020 telah ditetapkan enam perangkat daerah melakui Keputusan Wali Kota Cimahi Nomor 700 tenyang satuan kerja calon zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi," katanya.

Adapaun enam OPD ini adalah Disdukcapil, DPMPTSP, RSUD Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kecamatan Cimahi Tengah dan Kecamatan Cimahi Selatan.

Dalam pembangunan zona integritas, Pemkot Cimahi telah nelakukan koordinasi dengan pihak kementerian Aparatur Negara atau Menpan RB. Namun dengan adanya pandemi Covid-19, kata Ngatiyana, tahapan-tahapannya mengalami perubahan. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved