Breaking News:

Banyak Komplain Soal Bangunan, Tukang Bangunan di Cianjur akan Dilatih Agar Bersertifikat

Pihaknya ingin tukang bangunan di Kabupaten Cianjur memiliki keterampilan lebih baik sehingga menjadi spesialis

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
Pertemuan APBBC dengan Bupati Cianjur di pendopo Cianjur, Rabu (12/1/2022) 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Sebanyak 120 tukang bangunan akan dibina dan diberikan pelatihan hingga mendapat sertifikat.

Hal tersebut dilakukan Asosiasi Pengusaha Bahan Bangunan Cianjur karena hingga saat ini masih banyak warga yang komplain terkait hasil bangunan di Cianjur.

Ketua APBBC H Yandi mengatakan, pihaknya ingin tukang bangunan di Kabupaten Cianjur memiliki keterampilan lebih baik sehingga menjadi spesialis di masing-masing bidang pengerjaan konstruksi bangunan.

Baca juga: Terkait Korupsi PT Posfin, Kejati Jabar Sita Bangunan Mewah di Lebak Bulus Jakarta

"Untuk tukang bangunan akan disertifikasi spesialisis tukang bangunan seperti spesialis pemasangan keramik, tukang pasang baja, pasang besi pagar. Nanti di sertifikat tersebut akan dicantumkan sebagai spesialis buruh bangunan," katanya, setelah penandatanganan prasasti di Pendopo Cianjur.

Saat ini Yandi mencatat, telah ada 120 tukang bangunan yang akan diikutsertakan pada pelatihan dengan proses pengajuan kepada Dinas Diskoperindagin dan Disnakertrans Cianjur.

"Kami sudah mendata kurang lebih ada 120 tukang bangunan dan kita akan mengajukan kepada instansi terkait, Nantinya pelatihan khusus akan didampingi supplier kami," ujarnya.

Dengan adanya pelatihan sertifikasi bagi para tukang bangunan lanjut Yandi, agar kualitas dalam pekerjaannya mampu tertangani dengan baik.

Baca juga: Bangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Karawang Terbakar Hebat, Kantor dan Bedeng Hangus

"Kualitas bangunan akan sangat berdampak karena yang kita lihat spesialis-spesialis bangunan agak kurang diperhatikan sehingga kualitas bangunan banyak yang dikomplain, baik pekerjaan proyek pemda maupun individu," katanya.

Ia mengatakan saat ini ada 80 anggota APBBC yang juga akan merekrut tukang perajin UMKM yang berhubungan dengan bahan material.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved