Breaking News:

Seragam Baru Satpam Pengganti Seragam Coklat Akan Diumumkan di HUT Satpam

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan seragam satpam baru itu akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) satpam.

Editor: Ravianto
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Seragam satpam warna coklat mirip polisi. Seragam coklat ini akan kembali diganti karena terlalu mirip polisi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Kepolisian RI menyampaikan pihaknya akan mengubah warna seragam Satpam yang sebelumnya berwarna coklat muda akan berubah warna menjadi krem. 

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan seragam satpam baru itu akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) satpam.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu (12/1/2022).

Ramadhan menyebut pemberlakuan seragam baru satpam tersebut kini masih menunggu Peraturan Polri (Perpol) terbit. Namun hingga kini, pihaknya masih dalam proses pengkajian.

"Untuk pemberlakuannya masih menunggu Perpol. Dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian," jelas Ramadhan.

Lebih lanjut, Ramadhan menambahkan seragam satpam baru itu nantinya akan diberlakukan setahun kemudian setelah Perpol disahkan. 

"Jika Perpol sudah diberlakukan, untuk seragam satpam baru berlaku 1 tahun kemudian," tukas Ramadhan.

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian RI menyampaikan pihaknya tengah mengkaji terkait perubahan warna seragam satpam yang sebelumnya berwarna cokelat muda akan berubah warna menjadi krem.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan perubahan warna seragam satpam tersebut masih dalam proses pengkajian.

"Agar dijelaskan kepada yang bertanya bahwa masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu (12/1/2022).

Ramadhan menjelaskan alasan seragam satpam diajukan untuk diubah lantaran terlalu mirip dengan seragam milik Polri. Akibatnya, banyak masyarakat yang kebingungan.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," jelas Ramadhan.

Lebih lanjut, Ramadhan menuturkan satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Karena itu, perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tukasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved