Breaking News:

Petang Tadi Alat Berat Tiba di Cadas Pangeran, Langsung Bersihkan Longsoran yang Tutupi Badan Jalan

Sebuah alat berat tiba di lokasi tebing ambrol di Cadas Pangeran, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang, Rabu (12/1/2022) malam. 

Editor: Ravianto
kiki andriana/tribun jabar
Sebuah alat berat tiba di lokasi tebing ambrol di Cadas Pangeran, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang, Rabu (12/1/2022) malam.  

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana.

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sebuah alat berat tiba di lokasi tebing ambrol di Cadas Pangeran, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang, Rabu (12/1/2022) malam. 

Pantauan TribunJabar.id di lokasi ada pukul 19.45 WIB, alat berat tersebut langsung dioperasikan untuk mengevakuasi material tebing ambrol yang menutup setengah badan jalan Cadas Pangeran

Di bawah cahaya lampu penerangan jalan umum (PJU), kendaraan berat itu hilir mudik dari material tebing ambrol sebelum mengumpulkan ke sisi selatan jalan, yakni sisi yang berbatasan dengan jurang Cadas Pangeran

Material longsoran berupa tanah cadas yang gembur dibuang langsung ke jurang tersebut.

Bagian pengeruk dari buldozer tersebut terlihat sangat ringan menyodok tanah karena tanah bukan jenis yang likat atau lumpur, begitupun saat bagian pengeruk itu membuang tanah. 

"Ya dibuang langsung ke dasar jurang," kata KBO Lantas Polres Sumesang Iptu Suratman diwawancarai TribunJabar.id di lokasi evakuasi material. 

Suratman mengatakan dengan alat berat dari Pemprov Jawa Barat itu, kemungkinan evakuasi akan menelan waktu setengah jam. 

Saat evakuasi berlangsung, tak ada satupun kendaraan yang diizinkan melintas. Polisi menutup semua arus di jalur bawah sebab mobilitasalat berat memakan habis lebar jalan. Yangkni hilir mudik dari utara ke selatan jalan. 

Kemacetan pun tak terhindarkan di kedua arah Sumedang-Bandung maupun sebaliknya. 

Tebing ambrol di Cadas Pangeran.

Tinggi tebing ambrol sekitar 20 meter dengan lebar sekitar 5 meter.

Material tebing didominasi batuan cadas dan batu besar sebesar mobil sedan. 

Tebing itu ambrol ke badan jalan raya Cadas Pangeran, Rabu (12/1/2022). Jalan utama penghubung Bandung-Sumedang itu tertutup nyaris setengah badan jalan.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved