Breaking News:

Pemkot Bandung Didemo Mahasiswa, Minta Tindak ''Pengusaha Nakal''

ada sejumlah pengusaha nakal yang tidak membayar pajak sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan.

Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman
Sejumlah mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Bandung unjuk rasa di depan kantor Pemerintahan Kota Bandung, Jalan Merdeka, Rabu (12/1/2022).  

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Sejumlah mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Bandung unjuk rasa di depan kantor Pemerintahan Kota Bandung, Jalan Merdeka, Rabu (12/1/2022). 

Para mahasiswa meminta Pemkot Bandung mengevaluasi soal isu mafia pajak di lingkungan Pemkot Bandung

Koordinator Lapangan Aksi, Azmi Hibatullah, mengatakan, dari hasil temuannya, ada sejumlah pengusaha nakal yang tidak membayar pajak sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan.

Menurut dia, berdasarkan aturan yang ada, setiap pelaku usaha yang bergerak pada bidang industri makanan dan minuman seperti restoran dan kafe dikenakan pajak sebesar 10 persen.

Industri hiburan malam seperti bar, diskotik, karaoke, dan klub malam dikenakan pajak sebesar 35 persen.

Baca juga: Cegah Wajib Pajak Nakal, Anggota DPRD KBB Usulkan Pemasangan Perangkat Lunak Pantau Pajak

"Faktanya dari investigasi lapangan dan diperkuat oleh informasi dari beberapa sumber di lapangan, PC PMII Kota Bandung menemukan dugaan beberapa pelaku usaha di sektor hiburan, hanya dikenakan pajak 10 persen karena izin usahanya restoran," ujar Azmi saat ditemui disela unjuk rasa itu.

Ketidakpatuhan dalam membayar pajak itu, kata dia, dinilai merugikan Pemkot Bandung dan berdampak pada penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung

"Ini yang menjadi salah  menyebab PAD Kota Bandung turun, karena banyak mafia pajak ini menyebabkan PAD berkurang," katanya. 

Ia meminta agar Pemkot Bandung segera menindak pelaku usaha yang berusaha menghindari pembayaran pajak sesuai regulasi. 

"Ini harus ditindak tegas oleh Pemkot Bandung kepada tempat hiburan malam yang semena-mena membayar pajak, Pemkot Bandung harus menindak tegas mafia pajak yang merampok uang rakyat dan merugikan Pemkot Bandung itu sendiri," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved