Breaking News:

Kadisdik Jabar Bilang Latihan Pramuka di SMAN 1 Ciamis Tetap Salah Walau Dilakukan Happy Ending

Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi, mengatakan segera menegur penyelenggara kegiatan luar sekolah yang menyebabkan pelajar menderita luka

TRIBUNJABAR.ID/CIPTA PERMANA
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi, mengatakan segera menegur penyelenggara kegiatan luar sekolah yang menyebabkan sejumlah pelajar SMAN 1 Ciamis menderita luka bahkan sampai mendapat pengobatan di rumah sakit.

"Kami sudah mengobrol dengan Sekda Ciamis, dan memohon sebagai yang memegang daerah di sana, untuk bisa mengambil tindak lanjut ke sekolahnya. Insyaallah nanti kita tegur," katanya di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (12/1).

Ia mengatakan setelah ditelusuri dari berbagai pihak, kegiatan tersebut adalah sejenis kegiatan kepramukaan. Kegiatan ini, katanya, diakhir secara happy ending.

"Tadi kita sudah ngobrol dengan Pak Sekda Ciamis juga, itu bukan kekerasan ya, jadi semacam acara kepramukaan yang sebetulnya acaranya itu menurut versi pelajar, itu adalah dilakukan dengan happy ending, tapi di ambang batas itu akhirnya," katanya.

Ia mengatakan masih menggali informasi lebih detail mengenai kegiatan tersebut sambil menangani sejumlah pelajar yang mendapat luka dari kegiatan ini.

"Kita belum tahu proses di sana seperti apa, yang jelas hari ini kita kalau misal ada luka, kita selamatkan dulu itu," tuturnya.

Ia mengatakan dalam kegiatan sekolah, terutama ekstrakurikuler, sangat tidak diperkenankan melakukan aksi kekerasan yang membuat pesertanya sampai harus mendapat pengobatan.

Baca juga: Tragedi Latihan Pramuka SMAN 1 Ciamis Orangtua Korban Pilih Jalur Hukum, Laporkan Kejadian ke Polisi

"Tidak perlu, seharusnya tidak perlu seperti itu. Walaupun itu dengan alasan dilakukan dengan happy ending, ya juga tetap salah," katanya.

Ke depannya ia akan mengevaluasi dan memperketat pengawasan dari semua kantor cabang dinas di Jabar. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved