Breaking News:

Angin Ribut Terjang 3 Daerah di KBB, Puluhan Rumah Rusak Berat

Ratusan rumah di tiga desa, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak akibat diterjang angin ribut disertai hujan deras

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Mega Nugraha
Angin Ribut Terjang 3 Daerah di KBB, Puluhan Rumah Rusak Berat
Tribun Jabar / Hilman Kamaludin
Ratusan rumah di tiga desa, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak akibat diterjang angin ribut disertai hujan deras, pada Selasa (11/1/2022) sore.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Ratusan rumah di tiga desa, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak akibat diterjang angin ribut disertai hujan deras, pada Selasa (11/1/2022) sore.

Pantauan Tribun Jabar, Rabu (12/1/2022), rumah warga yang diterjang angin kencang tersebut kebanyakan mengalami kerusakan pada bagian atap, genting dan bagian dinding pun ambruk.

Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, kerusakan rumah itu terjadi di Desa Kerta Mukti, Desa Citatah Kampung Ciparang RW 2, dan Desa Cipatat Kampung Sukamanah RW 13.

Baca juga: Pegawai BPK Jabar Gadungan Kantongi Ratusan Juta Dari Menipu Warga KBB hingga Jakarta

"Akibat kejadian itu ada 23 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang, dan 195 rumah rusak ringan. Jadi total keseluruhan rumah yang terdampak ada 219 rumah," ujar saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (12/1/2022).

Sementara untuk dampak kerusakan yang paling banyak, kata Duddy, ada di Desa Kerta Mukti yang menimpa 8 RW, masing-masing RW 19, 18, 16, 14, 12, 10, 11, dan RW 08, sedangkan untuk di daerah Desa Citatah dan Cipatat masing-masing terjadi di satu RW. 

"Kebanyakan rumah yang rusak berat dikarenakan pohon tumbang dan menimpa rumah warga, jaringan kabel listrik, kabel telpon, dan menghalangi jalan," kata Duddy.

Baca juga: KRONOLOGI Janda Kaya di Tasikmalaya Ditipu Polisi Gadungan Ngaku Anggota Polda Jateng

Kendati demikian, pihaknya memastikan bahwa kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa, tetapi sejumlah warga yang terdampak, mengalami kerugian materi.

Duddy mengatakan, setelah kejadian itu pihaknya bersama petugas gabungan dari polsek, koramil, Kecamatan, desa dan relawan langsung melakukan assesment ke beberapa lokasi kejadian.

Selain itu, pihaknya juga melakukan evakuasi pohon yang tumbang serta melakukan pembersihan material dan rumah warga yang terdampak. 

"Jalan sudah bisa dilalui kendaraan, kalau kerusakan rumah kebanyakan dibagian atap genteng," ucap Duddy.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved