Breaking News:

Makan Buah-buahan dengan Jumlah Porsi Ini Menurut Penelitian Mampu Turunkan Risiko Diabetes

Mengonsumsi buah-buahan menjadi hal yang disarankan bagi penderita diabetes untuk membantu menurunkan gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan

Editor: Darajat Arianto
Kolase Tribun Jabar
Ilustrasi Diabetes 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA – Mengonsumsi buah-buahan menjadi hal yang disarankan bagi penderita diabetes untuk membantu menurunkan gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan makan buah dua porsi per hari bisa menurunkan risiko diabetes

Namun buah-buahan memang baik dikonsumsi oleh siapa saja.

Maklum saja, buah mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. 

Mengutip dari WebMD, hasil penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan orang dewasa yang makan dua porsi buah per hari memiliki risiko 36% lebih rendah terkena diabetes dalam 5 tahun dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari setengah porsi buah per hari. 

Sekadar info, penelitian tersebut telah dipublikasikan secara online pada 2 Juni 2021 dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa asupan buah yang lebih tinggi dihubungkan dengan sensitivitas insulin yang lebih tinggi, bisa menurunkan kadar gula darah

"Orang yang mengonsumsi lebih banyak buah (terutama apel) harus memproduksi lebih sedikit insulin untuk menurunkan kadar glukosa darah," kata Bondonno, dari Institute for Nutrition Research, Edith Cowan University, Perth, Australia. 

"Hal ini penting karena tingginya tingkat insulin yang beredar bisa merusak pembuluh darah, tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung," ujarnya. 

Jus buah tidak dikaitkan dengan kadar gula atau insulin yang lebih baik atau risiko diabetes lebih rendah. 

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved