Breaking News:

Garut Disebut Memiliki Embrio Negara Islam Indonesia, BNPT Terjunkan Empat Jenderal

Isu bangkitnya Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Garut kembali mencuat setelah 20 remaja di Garut dikabarkan terpapar.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Giri
Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari
Dialog Kebangsaan BNPT RI dengan Forkopimda Garut, tokoh masyarakat, agama dalam rangka pencegahan paham radikal terorisme di Kabupaten Garut, Selasa (11/1/2022). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Isu bangkitnya Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Garut kembali mencuat setelah 20 remaja di Garut dikabarkan terpapar.

Ditemukannya puluhan remaja yang terpapar paham NII tersebut kemudian diikuti oleh serangkaian aksi damai yang dilakukan elemen masyarakat.

Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Republik Indonesia pun turun langsung ke Garut dengan mengutus empat jenderal. 

Keempat jenderal tersebut berdialog langsung bersama tokoh masyarakat dan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Garut.

Dialog tersebut dalam rangka pencegahan paham radikal dan terorisme di Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Hotel Harmoni, Cipanas, Kabupaten Garut, Selasa (11/1/2022).

Sekretaris Utama BNPT RI, Mayjen TNI Dedi Sambowo, mengatakan, pihaknya melakukan dialog langsung dengan tokoh agama dan masyarakat Garut dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan nasional dalam menjaga NKRI dari paham radikal.

Kedatangannya ke Garut juga terkait potensi penyebaran paham radikalisme yang tinggi, karena Garut memiliki sejarah sebagai salah satu basis dari munculnya paham radikal yakni NII.

"Termasuk itu salah satunya itu. Jadi, sejarah mengatakan, di Garut ini merupakan salah satu tempat, basis atau pun embrionya NII," ujar Dedi saat diwawancarai awak media.

Dedi menjelaskan, ideologi terhadap suatu paham tidak akan pernah padam dan akan selalu ada.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved