Breaking News:

Diterjang  Angin Kencang Pohon Bertumbangan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Jalan Nasional Tersendat

Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Ciamis pada Selasa (11/1) setidaknya telah merubuhkan pohon di 4 lokasi di sekitar kawasan Imbanagara.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Dok UPT Damkar Satpol PP Ciamis
Petugas gabungan dari Damkar Ciamis, BPBD, DPRKPLH, TNI, Polri dan warga mengevakuasi pohon tumbang di empat lokasi di kawasan Imbanagara, Selasa (11/1/2021) sore. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Ciamis pada Selasa (11/1) sejak pukul 13.00 setidaknya telah merubuhkan pohon di empat lokasi di sekitar kawasan Imbanagara.

Pohon tumbang terjadi di Jalan Taman Makam Pahlawan Blok Lebak Lipung Imbanagara, tak jauh dari Gapura Selamat Datang dekat Mako UPT Damkar Satpol PP Ciamis.

Kejadian sekitar pukul 13.45 membuat arus lalu lintas dari arah jalan raya Ciamis-Tasikmalaya (jalan nasional) menuju Jalan Lingkar Selatan tersendat.

“Lokasi kejadian tidak jauh dari mako (Damkar). Setelah mendapat informasi dari warga, 4 orang petugas kami langsung ke lokasi kejadian mengevakuasi pohon tumbang,” ujar Kepala UPT Damkar Satpol PP Ciamis, Wawan kepada Tribun Selasa (11/1).

Bersama warga, berikut petugas BPBD termasuk Kalak BPBD Ciamis, TNI, Polri dan Kebersihan (DPRKLH), pohon tumbang yang melintang Jalan Taman Makam Pahlawan tersebut sekitar pukul 15.00 berhasil disingkirkan dan arus lalu lintas normal kembali.

“Nyaris pada waktu bersamaan ada tiga pohon lainnya yang tumbang di kawasan Imbanagara tersebut,” katanya.

Yakni  pohon besar di depan gapura Yayasan Al Hikmah Dusun Warung Wetan Imbanagara Raya RT 04 RW 07 tumbang ke jalan nasional jalan raya Ciamis-Tasikmalaya (jalan jalur selatan).

Tak hanya menimpa jalan, pohon yang tumbang tersebut juga menyambar rentangan kabel listrik.

“Rentangkan kabel listrik mengendur ke jalan sehingga bus tidak bisa lewat. Kalau mobil kecil atau mobil pribadi bisa lewat. Arus lalu lintas di jalan raya jalur selatan ini sempat tersendat satu jam lebih. Tadi sekitar pukul 15.30 sudah normal kembali. Puing pohon yang rubuh sudah dievakuasi,” ujar Wawan.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Taman Makam Pahlawan depan toko SR12 Dusun Ciwahangan RT 07 RW 11 Imbanagara serta di halaman Kantor Desa Panyingkiran yang berlokasi tidak jauh dari Komplek Makam Pahlawan Imbanagara.

Empat pohon tumbang di empat lokasi yang berbeda di kawasan Imbanagara tersebut dievakuasi oleh tim gabungan dari BPBD Ciamis, Damkar, DPRKPLH (kebersihan, TNI, Polri dan warga.

Evakuasi pohon tumbang tersebut berlangsung di bawah guyuran hujan.

“Tidak ada korban jiwa, maupun luka-luka. Hanya arus lalu lintas saja yang sempat terganggu kelancarannya,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved