Breaking News:

Buka Posko Pengaduan UMK, Disnaker Kota Cimahi Harapkan Peran Aktif Buruh

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi secara resmi membuka posko pengaduan untuk pembayaran upah minimum kota/kabupaten (UMK) tahun 2022.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Giri
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi secara resmi membuka posko pengaduan untuk pembayaran upah minimum kota/kabupaten (UMK) tahun 2022. 

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi secara resmi membuka posko pengaduan untuk pembayaran upah minimum kota/kabupaten (UMK) tahun 2022.

Kepala Disnaker Kota Cimahi, Yanuar Taufik, mengatakan, posko pengaduan ini didirikan untuk memberikan kesempatan bagi para buruh yang memiliki keluhan seputar pembayaran upah agar bisa mengadukan permasalahannya langsung ke posko tersebut.

Yaniar mengatakan, partisipasi pekerja atau buruh dalam melaporkan ketidaksesuaian UMK akan sangat membantu pihaknya. 

"Terlebih sejak tim pengawas ketenagakerjaan ditarik kewenangannya ke Pemprov Jabar, Dinasker Kota Cimahi belum memiliki tim pengawas lagi," ujar Yanuar di Kompleks Pemkot Cimahi, Selasa (11/01/2022).

Menurut Yanuar,  pihaknya akan membentuk tim internal untuk membantu pengawasan ketenagakerjaan di Kota Cimahi.

Rencananya dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk tim untuk mengawasi pelaksanaan terkait ketenagakerjaan. 

Baca juga: Hujan Deras, Ruas Jalan Raya di Tiga Titik di Pangandaran Terendam Banjir, Selokan Tersumbat Sampah

Yanuar mengaku hingga saat ini belum ada perusahaan atau pekerja yang datang melakukan pengaduan perihal UMK tahun 2022, yang berlaku sejak 1 Januari. 

"Mudah-mudahan tidak ada (pengaduan). Artinya semua buruh mendapatkan hak sesuai aturan yang ditetapkan," kata Yanuar.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 561/Kep.731-Kesra/2021 tentang UMK di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2022, upah tahun 2022 di Kota Cimahi Rp 3.272.668,50 atau hanya naik sekitar 0,95 persen dari tahun 2021 yang berada di angka Rp 3.241.919. (kemal setia permana)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved