Breaking News:

Belum Semua Sekolah Gelar Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen, Begini Alasan Disdik Jabar

Kadisdik Jabar Dedi Supandi mengatakan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah satuan pendidikan belum belum mencapai 100 persen. 

Penulis: Cipta Permana | Editor: Giri
Disdik Jabar
Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi, mengatakan, penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah satuan pendidikan belum belum mencapai 100 persen. 

Hal tersebut, disebabkan pihaknya menunggu hasil evaluasi dari Satgas Covid-19 di tingkat kabupaten/kota pascasituasi masa Natal dan tahun baru 2022.

"Di mana, hasil evaluasi tersebut dikhawatirkan terjadi lonjakan kasus pada dua pekan ini," ujar Dedi saat dihubungi melalui telepon, Selasa (11/1/2022)

Kekhawatiran tersebut, ucapnya, berkaca dari situasi setelah masa libur nataru, karena setelah dua pekan mulai terjadi lonjakan kasus.

Oleh karena itu, kata Dedi, dengan prinsip kehati-hatian, pada tahap awal atau selama dua pekan ini, penyelenggaraan PTM di Jabar akan menerapkan pola pembatasan kapasitas 50 persen dan 75 persen. 

"Jadi bukan ditunda, PTM tetap ada dan berlangsung, namun belum maksimal di 100 persen. Pembatasan kuotanya disesuaikan dengan level PPKM yang ditetapkan. Bila tidak terjadi peningkatan kasus, kemungkinan di awal Februari 2022, PTM 100 persen akan digelar secara bertahap," ucapnya.

Dedi menuturkan, adapun pola pembatasan kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan masing-masing sekolah sejauh ini, ada yang menggunakan pola paket mata pelajaran dengan menggunakan sistem hybrid.

Serta, ada juga yang memilih tetap menggelar PTM bagi seluruh siswanya, namun dengan melakukan pola pengaturan lama belajar di sekolah.

Pengaturan lama belajar tersebut, misalnya kelas 10, masuk mulai pukul 07.00-11.00 WIB, kemudian kelas 11 masuk mulai pukul 08.00-12.00 WIB, dan kelas 12, dari pukul 09.00 - 13.00 WIB.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved