Breaking News:

Anak Anda Demam? Jangan Panik, Ini Cara Penanganannya, Segera ke Dokter Jika Alami Gejala Berikut

anak demam merupakan suatu tanda yang umum terjadi pada anak karena sistem imun sedang merespon ketika si kecil sedang sakit atau mengalami infeksi.

Editor: Ravianto
web
Ilustrasi anak sakit demam. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Dalam keseharian, anak pasti pernah mengalami demam. Hal ini adalah hal yang sangat umum terjadi, dan kondisi ini paling sering terjadi pada anak.

Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Kupang dr. Sugi Deny Pranoto Soegianto Sp.A., mengatakan, anak demam merupakan suatu tanda yang umum terjadi pada anak karena sistem imun sedang merespon ketika si kecil sedang sakit atau mengalami infeksi.

Bahkan kondisi ini dapat terjadi oleh karena penyebab non infeksi.

"Dengan penanganan yang tepat dan mengetahui kondisi sang anak, demam pada anak bisa ditangani oleh orang tua, kuncinya adalah jangan panik," tutur dr. Sugi Deny Pranoto Soegianto Sp.A., di acara edukasi bincang sehat bertajuk "Anak Demam Jangan Panik" yang diselenggarakan Siloam Hospitals Kupang via virtual, Sabtu (08/01/2022).

Penyebab dan Cara Penanganannya

Menurut dr Sugi, ada banyak faktor anak mengalami demam. Adanya peningkatan atau kenaikan suhu tubuh anak ini cukup lumrah terjadi mengingat anak masih mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya sendiri.

Dokter spesialis anak lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya ini menjelaskan, suhu normal pada anak 36,5 - 37,5 derajat Celsius.

Jika melewati suhu normal pada anak, demam umumnya bisa diakibatkan adanya infeksi pada tubuh anak akibat respon tubuh melawan serangan bakteri, parasit pun virus.

Demam pada anak dapat pula disebabkan oleh non infeksi, yaitu dapat disebabkan hal seperti pasca imunisasi, tumbuh gigi, dehidrasi, hiperaktivitas dan lainnya.

"Jika demam ditemukan pada 8 kondisi tertentu, segera bawa anak ke rumah sakit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut," imbuh dr. Sugi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved