UPDATE Covid-19 Kota Bandung: Satgas Covid Bantah Varian Omicron Sudah Masuk Kota Bandung

Covid-19 varian omicron juga sudah ditemukan di wilayah Jawa Barat. Berdasarkan informasi, ada 14 kasus terkonfirmasi ditemukan di Jawa Barat.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron. (KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Varian baru Covid-19, Covid-19 varian Omicron telah ditemukan di Indonesia dan kasusnya kini mencapai ratusan orang yang terkonfirmasi. Penyebaran covid jenis Omicron ini memang disebut-sebut sangatlah cepat dibandingkan jenis varian lainnya.

Covid-19 varian Omicron juga sudah ditemukan di wilayah Jawa Barat. Berdasarkan informasi, ada 14 kasus terkonfirmasi ditemukan di Jawa Barat.

Tetapi, varian Omicron ini dibantah oleh satgas Sovid-19 Kota Bandung melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara.

Baca juga: PTM 100 Persen di Kota Bandung di Tengah Ancaman Omicron, Jangan Sampai Jadi Malapetaka

"Tidak ada informasi (warga Kota Bandung yang tertular) hasil rapat akhir Jabar. Wilayah yang sudah ditemukan Omicron di Jabar itu, di antaranya Kabupaten Indramayu, Bandung Barat, Subang, Karawang, Majalengka, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Sukabumi (pusat isolasi di Wisma Atlit) dan ditemukan empat di Kabupaten Bandung," katanya saat dihubungi Tribun Jabar, Senin (10/1/2022).

Meskipun Omicron belum ditemukan menyerang warga Kota Bandung, Ahyani tetap meminta kepada warga Kota Bandung untuk tetap waspada dan tentunya tak merasa panik.

"Tetap waspada, jangan panik. Yang terpenting adalah tetap disiplin protokol kesehatan dan ikuti vaksinasi," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada warga agar dapat menahan mobilitas dan berinteraksi yang tak perlu. Hal ini pun diperkuat oleh imbauan Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Menurutnya, dalam menghadapi pandemi ini ialah terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, terutama senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Sebagai orang yang pertama terkena covid di Kota Bandung, Yana mengimbau warga Kota Bandung untuk selalu patuh pada instruksi pemerintah.

Baca juga: 33 Orang Positif Covid-19 saat Tetangganya Tertular Varian Omicron, Padahal Tak ke Luar Negeri

"Terus pakai masker dan jalani protokol kesehatan. Sebenarnya itu kuncinya menghadapi covid. Belum lagi kami (pemkot) terus gencarkan percepatan vaksinasi agar hadir kekebalan komunitas (herd immunity). Insya Allah nantinya pandemi ini bisa menjadi endemi," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved