Breaking News:

Tersambar Petir, Plafon Masjid Al Barokah di Cirebon Rusak, Marbut Sempat Tidak Bisa Mendengar

Plafon Masjid Al Barokah di Desa Cikeduk, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, rusak akibat tersambar petir pada Minggu (9/1/2022) petang.

ISTIMEWA DOK. BPBD Kabupaten Cirebon
Kondisi plafon Masjid Al Barokah di Desa Cikeduk, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, yang rusak akibat tersambar petir, Minggu (9/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Plafon Masjid Al Barokah di Desa Cikeduk, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, rusak akibat tersambar petir pada Minggu (9/1/2022) petang.

Dalam peristiwa yang terjadi kira-kira pukul 18.05 WIB tersebut, dipastikan tidak ada korban dan hanya mengakibatkan kerusakan bangunan.

Marbut Masjid Al Barokah, Sadullah, mengatakan, saat kejadian tidak ada warga yang berada di dalam masjid sehingga tidak ada korban.

Baca juga: Curhat Pilu Adik Korban Perampasan Nyawa di Garut, Seperti Disambar Petir di Siang Bolong

Namun, menurut dia, beberapa warga yang hendak salat berjemaah telah berada di luar masjid menunggu azan magrib berkumandang.

"Saat itu, baru turun hujan dan saya dari rumah langsung buru-buru ke masjid, mumpung masih gerimis," kata Sadullah saat ditemui di Masjid Al Barokah, Minggu (9/1/2022) malam.

Ia mengatakan, setibanya di masjid terdengar suara petir yang sangat kencang yang membuatnya dan warga di luar masjid ketakutan.

Akibatnya, plafon Masjid Al Barokah yang luasnya kira-kira 12 meter × 18 meter pun langsung runtuh dan puing-puingnya berserakan di ruang utama bangunan itu.

Kondisi kubah Masjid Al Barokah di Desa Cikeduk, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, yang tersambar petir, Minggu (9/1/2022).
Kondisi kubah Masjid Al Barokah di Desa Cikeduk, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, yang tersambar petir, Minggu (9/1/2022). (ISTIMEWA DOK. BPBD Kabupaten Cirebon)

Baca juga: Detik-detik Rumah Heni Tersambar Petir, Badan Seperti Tersetrum, Saklar Gosong dan Dinding Bolong

"Saya sempat tidak bisa mendengar selama beberapa saat, karena suara petirnya keras sekali, telinganya berdengung," ujar Sadullah.

Sadullah menyampaikan, sejumlah warga termasuk anak-anak yang telah berada di masjid juga berlarian keluar karena ketakutan akibat petir tersebut.

Bahkan, ia mengaku sempat melihat kilatan api di bagian atap, kemudian muncul asap tebal yang menutupi area masjid tersebut.

"Alhamdulillah, enggak kebakaran hanya kilatan api saja, mungkin korsleting arus pendek listrik masjid akibat sambaran petir," kata Sadullah.

Pantauan Tribuncirebon.com, bangunan Masjid Al Barokah tampak masih berdiri kokoh meski tersambar petir. Bahkan, hanya beberapa genting yang melorot persis di bawah kubah masjid, 

Namun, meteran listrik Masjid Al Barokah terlepas dari tempatnya menyisakan sekringnya yang tampak menggantung dan dinding sekitarnya terlihat kehitaman.

Petugas BPBD Kabupaten Cirebon juga telah berada di lokasi untuk mengasmen kerusakan bencana tersebut dan membersihkan puing-puing plafon bersama warga.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved