Breaking News:

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Sumedang, Akses Penghubung Tanjungkerta-Buahdua Sempat Terputus

Akibat peristiwa tersebut, ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Tanjungkerta dan Buahdua sempat tak bisa dilewati kendaraan

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Seli Andina Miranti
Istimewa/ Dok BPBD Sumedang
Petugas gabungan tengah membersihkan material longsor di Dusun Cihaur, Desa Kertaraharja, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Minggu (9/1/2022) malam 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNAJABAR.ID, SUMEDANG - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Minggu (9/1/2022) petang telah menyebabkan longsor di Dusun Cihaur RT02/03, Desa Kertaraharja, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang.

Akibat peristiwa tersebut, ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Tanjungkerta dan Buahdua sempat tak bisa dilewati kendaraan karena tertutup material longsor dengan lebar 20 meter.

"Peristiwa tanah longsor setinggi 10 meter tersebut terjadi sekira pukul 17.00 WIB," ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Asep Ramdani kepada TribunJabar.id, Senin (10/1/2022) pagi.

Baca juga: Suasana Khidmat Saat Tabur Bunga di Lokasi Longsor Cimanggung yang Menewaskan 40 Orang

Asep mengatakan, peristiwa longsor terjadi saat kawasan tersebut diguyur hujan deras dalam waktu yang lama dan kondisi tanah yang labil.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun material longsor menutupi setengah ruas badan jalan penguhubung Tanjungkerta-Buahdua, " kata dia.

Akibat kejadian ini, lanjut Asep, sebanyak 4 unit rumah milik warga terancam tergerus longsor susulan, di antaranya rumah milik Oya dan Ai.

"Petugas gabungan yang tiba di lokasi langsung melakukan assessment dan bergotong royong bersama warga setempat melakuan pembersihan material longsor, " ujarnya.

"Akses jalan peghubung Tanjungkerta-Buahdua kini sudah kembali bisa dilintasi kendaraan," kata Asep, menambahkan.

Baca juga: Hujan Deras Guyur Sumedang, Tebing 12 Meter di Ganeas Longsor, 2 Rumah Terancam

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved