Breaking News:

Potensinya Menjanjikan, Petani Berharap Cianjur jadi Sentra Gula Aren di Jawa Barat

Tren gula aren atau warga Cianjur menyebutnya gula kawung semakin hari semakin meningkat permintaannya.

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
Gula Aren (Kawung) asli dari Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Petani berharap Kabupaten Cianjur menjadi sentra gula aren terbesar di Jawa Barat. Mengingat tren gula aren atau warga Cianjur menyebutnya gula kawung semakin hari semakin meningkat permintaannya.

Sebelumnya, harga gula aren di tingkat pengrajin berada di kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 11 ribu perkilogram. Namun saat ini mulai ada kenaikan yakni Rp 14 ribu hingga Rp 15 ribu perkilogramnya.

Atra (30) salah seorang petani gula aren asal Desa Malati, Kecamatan Naringgul Cianjur Selatan mengaku senang dengan kenaikkan harga gula aren.

Baca juga: Sempat Viral, Tak Pakai Masker, Mak Iyom Penjual Gula Aren, Dagangannya Dirampas, Ini Kronologinya

"Alhamdulillah, di awal tahun 2022 ini, membawa berkah bagi para petani aren atau pengrajin gula di Kecamatan Naringgul. Sekarang harganya lumayan meningkat jadi Rp14 ribu per kilogram," kata Atra, Jumat (7/1/2022).

Atra berharap, kenaikan harga gula bisa terus bertahan bahkan bila perlu terus naik lagi.

"Semua sudah pada tahu, perekonomian di pelosok seperti kami ini tentunya begitu sulit. Dengan adanya kenaikan seperti sekarang ini menurut saya anugerah di awal tahun 2022," ujarnya.

Atra mengatakan, kenaikan harga gula dinilai seimbang dengan harga kebutuhan pokok saat ini.

"Jika dihitung dengan daya beli saat ini, kenaikan gula ini sebenarnya masih belum apa-apa terlebih saya ini hanya petani kecil dan bukan partai besar," katanya.

Senada diucapkan Tono (50) seorang petani gula aren, kenaikan harga gula aren memang begitu berdampak pada penghasilan penjualannya ke bandar-bandar yang ada di Kecamatan Naringgul.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved