Awal Tahun Bupati Anne Ratna Lakukan Rotasi dan Mutasi ASN di Purwakarta, Belasan Orang Naik Jabatan

ASN di Purwakarta promosi jabatan, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, hal itu dilakukan menyusul kekosongan jabatan di masing-masing

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/ Irvan Maulana
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat rapat bersama pihak perusahaan dan Dinas Binamarga Provinsi di Istora Jatiluhur, Selasa (9/11/2021) 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Awal tahun, puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Purwakarta promosi jabatan, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, hal itu dilakukan menyusul kekosongan jabatan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Purwakarta.

"Rotasi mutasi ini menyasar pejabat pengawas dan pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Purwakarta untuk memaksimalkan pelayanan publik," ujar Anne seusai melantik para ASN yang dirotasi mutasi di Aula Pemkab Purwakarta, Jumat (7/1/2022).

Ia berharap, para pejabat yang telah dilantiksegera melaksanakan tugasnya dengan baik guna memberikan pelayanan terbaik, untuk meningkatkan kinerja, ia juga meminta agar para ASN tersebut langsung beradaptasi dengan lingkungan kerjanya masing-masing.

"Tentunya juga, harus beradaptasi dengan perubahan-perubahan berkaitan dengan regulasi, kini pemerintah pusat telah banyak mengeluarkan perubahan-perubahan regulasi. Hal tersebut harus betul-betul dipahami agar dalam menjalankan tupoksinya, sesuai dengan regulasi yang ada," kata dia.

Anne juga mewanti-wanti, selain harus benar-benar paham tentang peraturan dan perundang-undangan sebagai modal dasar, para pejabat juga harus menjadi teladan bagi rekan-rekan kerja dalam upaya meningkatkan etos kerja yang baik.

"Saya berharap pergeseran, rotasi mutasi ini harus diterima dengan pemikiran yang positif, tentu ini adalah pilihan yang terbaik, ini adalah kepercayaan saya kepada mereka supaya bisa menjalankan roda pemerintahan dan kemudian dapat melaksanakan target-target pembangunan yang harus tercapai," ujar Anne.

Anne menjelaskan, setidaknya ada tiga peran yang harus melekat pada diri seorang pimpinan pada sebuah unit kerja. Tiga peran yang dimaksud adalah, yang pertama, seorang pimpinan merupakan sebagai pelaksana atau implementator, kedua pimpinan sebagai pengelola atau manajer,dan ketiga pimpinan sebagai pemimpin atau leader.

"Oleh karena itu, sebagai pejabat yang baru saja dilantik, kami meminta agar segera mengenal lingkungan kerja dan beradaptasi dengan tugas dan fungsi yang baru," imbuhnya.

Twrpisah, Kepala Bidang Pengembangan SDM pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta Deni Gusdian mengatakan, sebanyak 56 Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional telah dilantik oleh Bupati Purwakarta hari ini.

"Dari 56 pejabat tersebut, sebanyak 17 orang yang promosi ke eselon IVA dan 9 orang yang promosi ke eselon IVB," ujar Deni.

Alih tugas atau rotasi tersebut sudah disesuaikan dengan dengan kompetensinya masing-masing, dimana di satu tempat seorang pegawai tersebut tidak maksimal maka diupayakan ditempatkan pada jabatan baru disesuaikan dengan kompetensinya agar bisa lebih berkembang ditempat yang baru.

Rotasi tersebut lebih banyak dilakukan di perangkat daerah yang bersifat kewilayahan yang tersebar di kecamatan dan kelurahan di Purwakarta.

"Karena jabatan pengawas sudah dialihkan ke pejabat fungsional jadi kita tidak melaksanakan kekosongan yang ada di dinas dan badan yang terbagi, seperti di Satpol PP, Dinas Pendidikan, Damkar dan di BPPD," ucap Deni. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved