Breaking News:

Diguyur Hujan Deras dan Angin Kencang, Jalan Ciilat-Rancah Ciamis Sempat Tertutup Longsor

Tebing di Blok Cikamurang di Kabupaten Ciamis tersebut runtuh setelah diguyur hujan lebat disertai angin kencang

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
istimewa/dok Kecamatan Sukadana
Tertutup lumpur – Jalan raya Ciilat-Rancah tertimbun longsor dan lumpur di Blok Dusun Desa Kolot Desa Margaharja Sukadana Ciamis, Rabu (5/1) sekitar pukul 17.30 petang 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Jalan Ciilat-Rancah tertimbun longsor tebing di Blok Cikamurang Dusun Desa Kolot Desa Margaharja Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Rabu (5/1/2022), pukul 17.30 sore.

Tebing di Blok Cikamurang tersebut runtuh setelah diguyur hujan deras disertai angin kencang sejak pukul 16.00 Rabu sore tersebut.

Ruas jalan yang menghubungkan Ciilat-Sukadana-Rancah tersebut tertimbun puing longsor sepanjang 5 meter. Namun luberan lumpurnya sempat menutup jalan sepanjang 50 meter. Sehingga membuat jalan aspal tersebut becek, licin, dan sulit dilewati.

Baca juga: Sawah di Cicantayan Sukabumi Longsor, Ancam Rumah Warga

“Mobil dan sepeda motor masih bisa lewat, tetapi harus hati-hati, jalannya licin dan becek berlumpur,” ujar Camat Sukadana, Aa Hendarsin kepada Tribun Kamis (6/1/2021).

Ruas jalan kabupaten yang tertimbun longsor tersebut berada cukup jauh dari pemukiman warga.

Rabu petang itu juga warga berupaya menyingkirkan puing longsor secara manual secara bergotong royong. Dan malam harinya datang bantuan mobil Damkar dari WMK Damkar dan BPBD Ciamis.

“Genangan lumpur yang meluber di jalan malamnya disemprot oleh mobil damkar. Sampai jam 22.30 tadi malam upaya penyingkiran lumpur masih dilakukan warga, petugas Damkar dan BPBD,” katanya.

Selepas tengah malam, arus lalu lintas yang melintas jalan raya Ciilat-Rancah tersebut kembali normal setelah dilakukan upaya penyingkiran puing longsor dan lumpur oleh warga bersama petugas Damkar dan BPBD Ciamis.

“Kondisi jalan di pagi hari tadi sudah normal kembali,” ujar Camat Aa Hendarsin.

Baca juga: DETIK-DETIK Penyelamatan Anak Disekap di Sumedang, Kondisi Ini Buat Darah Warga Mendidih

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved