Breaking News:

Daftar HP BlackBerry yang Tak Bisa Dipakai Lagi, Dulu Berjaya Kini OS-nya Resmi Berhenti Beroperasi

Bagi pecinta gadget, hari ini ada kabar mengejutkan karena sejumlah sistem operasi BlackBerry sudah tidak bisa digunakan lagi.

Editor: Widia Lestari
Via Nextren
Sistem operasi Blackberry berhenti operasi. 

TRIBUNJABAR.ID - Bagi pecinta gadget, hari ini ada kabar mengejutkan karena sejumlah sistem operasi BlackBerry sudah tidak bisa digunakan lagi.

Sejumlah sistem operasi BlackBerry seperti BlackBerry 7.1 OS, BlackBerry 10, dan BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya resmi berhenti digunakan mulai Selasa (4/1/2022).

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (31/12/2021), setelah tanggal tersebut, seluruh ponsel dan tablet yang menjalankan layanan OS BlackBerry tidak bisa lagi digunakan.

BlackBerry pernah menjadi ponsel dengan sistem operasi yang populer pada masanya. Termasuk yang menjadi pioner ponsel dengan keypad Qwerty. 

Ponsel BlackBerry bersama BlackBerry Messenger (BBM) sempat berjaya di awal tahun 2000-an.

Nama BBM populer seiring dengan meningkatnya pengguna ponsel BlackBerry pada saat itu. Sebab BBM hanya bisa digunakan oleh pengguna ponsel BlackBerry. 

Namun era kejayaan BlackBerry perlahan menurun seiring munculnya iPhone dengan teknologi layar sentuh dan sejumlah ponsel berbasis OS Android. 

OS BlackBerry mulai tersaingi Android dan iOS, namun lambat laun namanya tenggelam karena kalah populer. BlackBerry sendiri bahkan belakangan beralih ke Android.

Dikutip dari Kompas.com, BlackBerry sempat memperpanjang dukungan untuk sistem-sistem operasi lawasnya hingga beberapa kali, namun kini akhir riwayat mereka sudah ditentukan.

Sistem operasi Blackberry berhenti operasi.
Sistem operasi Blackberry berhenti operasi. (Via Nextren)

Lewat keterangan di situsnya, BlackBerry sudah menetapkan jadwal, yakni 4 Januari 2022.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved