Vaksinasi Covid-19 Booster di Kota Bandung, Dinkes Masih Tunggu Ini dari Pemerintah Pusat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, mengatakan, belum mendapat instruksi dari pemerintah pusat terkait vaksinasi dosis tiga.

Penulis: Tiah SM | Editor: Giri
freepik
Ilustrasi vaksin Covi-19 - Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, mengatakan, belum mendapat instruksi dari pemerintah pusat terkait vaksinasi dosis tiga atau booster. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, mengatakan, belum mendapat instruksi dari pemerintah pusat terkait vaksinasi dosis tiga atau booster.

"Belum ada info petunjuk dan teknis untuk vaksin. Dinkes baru melaksanakan kalau sudah ada juknisnya," ujar Ahyani melalui sambungan telepon, Senin (3/1/2022).

Kata Ahyani, jika melihat kriteria, Kota Bandung bisa gelar vaksinasi dosis tiga, tapi tetap menunggu informasi resmi.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Presiden Joko Widodo memutuskan vaksinasi dosis ketiga atau booster dimulai pada 12 Januari 2022.

Budi mengatakan, vaksin booster akan diberikan ke kelompok usia di atas 18 tahun sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kriteria kabupaten/kota yang bisa melaksanakan vaksinasi dosis ketiga ini adalah memiliki cakupan vaksinasi Covid-19 sebanyak 70 persen untuk suntikan dosis vaksin pertama dan 60 persen dosis vaksin kedua.

"Jadi sampai sekarang ada 244 kabupaten kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut. Vaksinasi booster ini juga akan diberikan dengan jangka waktu di atas enam bulan sesudah dosis kedua," ujarnya.

Baca juga: Jabar Curi Start Berikan Vaksin Booster, Apakah Sudah Menyasar Masyarakat Umum?

Data yang diperoleh, vaksinasi di Kota Bandung sudah melebihi target 1.952.358 orang.

Per 31 Desember 2021, total cakupan vaksinasi program untuk dosis pertama mencapai 2.005.454 orang (102,72 persen) dan dosis dua sebanyak 1.747.652 orang (89,51 persen). (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved