Gagal Beraksi di Malam Tahun Baru, 6 Pengedar Narkoba Ditangkap Polres Sukabumi

Satnarkoba Polres Sukabumi berhasil menangkap enam orang tersangka pengedar narkotika berbagai jenis.

Tribunjabar.id
6 Pengedar narkoba ditangkap Polres Sukabumi, Kamis (30/12/2021) 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Satnarkoba Polres Sukabumi berhasil menangkap enam orang tersangka pengedar narkotika berbagai jenis.

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah mengatakan, penangkapan dilakukan pada Kamis (30/12/2021) lalu saat Polres menggelar pemusnahan barang bukti minuman keras.

Menurutnya, para tersangka mencari kelengahan petugas dan diduga akan mengedarkan berbagai jenis obat terlarang, sabu-sabu dan ganja saat perayaan malam tahun baru 2022

Baca juga: Dipicu Pandemi, Kasus Narkoba di Bandung Barat dan Cimahi Meningkat Selama Tahun 2021

"Barang ini diungkap oleh Satnarkoba Polres Sukabumi pada saat setelah kita kemarin pemusnahan miras, yang kami duga barang tersebut akan digunakan dan diedarkan pada malam tahun baru dan Sabtu malam Minggu dan hari Minggu di libur tahun baru ini," ujarnya kepada wartawan di Palabuhanratu, Sabtu (1/1/2022).

"Pada saat kita memusnahkan miras dan tersangka ini ingin memasukan barang tersebut ke wilayah Sukabumi, alhamdulillah pada saat pemusnahan miras Satnarkoba bergerak cepat, malam langsung ketangkap," kata Dedy.

Ia mengatakan, barang bukti diamankan yakni 31.532 obat keras terbatas, 55 gram ganja dan 0,14 gram sabu-sabu.

"Kalau diestimasikan rupiah kalau barang ini terjual habis sekitar Rp 315 juta yang dihasilkan dari barang tersebut," jelasnya.

Baca juga: BNN: Sadar Bahaya Narkoba, Warga Kerawang Sering Gerebek Penjual Obat Terlarang

"Tersangka yang diamankan ada 6 tersangka, untuk kasus obat keras ada 3 tersangka, tersangka sabu ada 1, tersangka daun ganja ada 2 tersangka, semuanya laki laki," katanya.

Menurutnya, para tersangka diduga akan mengedarkan barang haram itu di sekitar pantai dan tempat hiburan.

"Untuk peredaran kami duga di Kabupaten sukabumi, kami masih melakukan pendalaman di edarkan di sekitar pantai atau tempat hiburan lainnya. Alhamdulillah barang ini tidak sempat tersebar," ucapnya.

"Semua tersangka ini dari wilayah Sukabumi, selain dijual di Kabupaten/Kota, ada juga di wilayah Palabuhanratu. Dari modus penjualan ada yang langsung ketemu dan juga ada yang di tempel di suatu tempat. Keenam tersangka saat ini tidak ada residivis," kata Kasatnarkoba Polres Sukabumi AKP Kusmawan di tempat yang sama.

Menurutnya, para tersangka ini mendapatkan barang-barang tersebut dari luar Kabupaten Sukabumi.

Kapolres menambahkan, pasal yang disangkakan yakni pasal 114 dan atau pasal 111 atau pasal 112 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 4 tahun penjara. Serta pasal 196 dan atau pasal 197 UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman 10 tahun penjara.

"Hukuman narkotika 4 tahun penjara, untuk obat keras 10 tahun penjara undang-undang kesehatan," jelasnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved