Breaking News:

Mau Piknik ke Pangandaran? BMKG Beri Peringatan WASPADA untuk Warga di Pesisir Selatan, Ini Sebabnya

Di akhir tahun 2021 sampai awal tahun 2022 BMKG Tunggul Wulung memberikan imbauan waspada kepada warga di pesisir selatan.

Penulis: Padna | Editor: taufik ismail
Foto istimewa
Ilustrasi banjir rob. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap menyampaikan peringatan potensi banjir pesisir (rob) yang berlaku pada 30 Desember 2021 sampai 5 Januari 2022.

Menurut BMKG Tunggul Wulung, bahwa adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

"Beberapa wilayah pesisir Indonesia diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," ujar BMKG Tunggul Wulung dalam tulisan peringatan potensi banjir pesisir (rob).

Beberapa wilayah yang berpotensi diantaranya, pesisir selatan Sukabumi, pesisir selatan Cianjur, pesisir selatan Garut,  pesisir selatan Tasikmalaya

Kemudian, pesisir selatan Pangandaran, pesisir selatan Cilacap, pesisir selatan Kebumen, pesisir selatan Purworejo, dan pesisir selatan Yogyakarta.

BMKG menyatakan, kondisi ini secara umum dapat menggangu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. 

Seperti, aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada, dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari gelombang tinggi dan pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," ucapnya.

Baca juga: BREAKING NEWS, Terseret Arus Laut Pangandaran, Wisatawan Asal Cibaduyut Bandung Meninggal Dunia

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved