Menjelang Tahun Baru, Harga Telur Naik di Kota Bandung, Ini Penjelasan Kadisdagin

harga telur di Kota Bandung merangkak naik hingga di harga Rp 34 ribuan, di atas harga eceran tertinggi

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
ILUSTRASIN - Pedagang telur di Pasar Induk Cianjur. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menjelang tahun baru, harga telur di Kota Bandung merangkak naik hingga di harga Rp 34 ribuan, di atas Harga Eceran Tertinggi sesuai aturan peraturan Menteri Perdagangan Rp 24 ribu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan ada kenaikan dari HET untuk komoditas telur antara Rp 9 ribu sampai Rp 10 ribu.

"Ini (telur) memang naiknya terus terjadi menjelang tahun baru. Kalau untuk cabai ada di harga Rp 100 ribu untuk yang jenis rawit. Enggak seperti kenaikan yang terjadi pada telur," katanya di Balaikota, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Harga Telur di Tingkat Peternak Terjun Bebas ke Rp 26.500 per Kilogram

Adapun penyebab harga telur di Kota Bandung naik, Elly mengaku lantaran permintaan yang tinggi pada saat natal.

Banyak warga yang membutuhkan telur untuk membuat kue. Lalu, saat mendekati tahun baru kunungan wisatawan ke Bandung juga meningkat yang tentu para pelaku usaha kue banyak yang butuh telur.

"Kota Bandung itu kan gudangnya kue basah atau kering untuk oleh-oleh wisatawan. Nah, stok toko kue menipis kuenya sehingga perlu untuk membuat kue, sehingga telur di Bandung bukan hanya untuk konsumen rumah tangga," ujarnya.

Upaya yang siap dilakukan Disdagin Kota Bandung, kata Elly, pihaknya siap melakukan operasi pasar jika memang kondisi seminggu pascatahun baru harganya masih tinggi.

"Kami akan lihat dahulu kondisinya minimal seminggu setelah tahun baru. Jika memang tak ada penurunan harganya, maka kami akan ajak pihak terkait, semisal bulog untuk lakukan operasi pasar. Intinya, stok telur aman untuk Kota Bandung," ucapnya.

Pasokan telur yang ada di Kota Bandung, Elly menyebut berasal dari Blitar, Jawa Timur dan Priangan Timur, seperti Tasikmalaya dan Ciamis. (*)

Baca juga: Harga Telur Ayam di Indramayu Tembus Rp 31 Ribu Per Kilogram, Agen Sebut Ini Alasannya Naik Ekstrem

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved