Tahun Baru, Majalengka Punya 3 Taman Baru, Ada Diorama Sejarah dan Taman Dekat Masjid Futuristik

Pemkab Majalengka, terus mempercantik wajah ruang publik di kawasan perkotaan. Selama pembangunan tahun 2021, ada dua taman yang baru dibangun

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNCIREBON.COM/EKI YULIANTO
Penampakan masjid bergaya futuristik di Kabupaten Majalengka. Di dekat masjid ini terdapat taman yang akan diresmikan pada awal tahun 2022. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terus mempercantik 'wajah' ruang publik di kawasan perkotaan.

Selama pembangunan tahun 2021, setidaknya ada dua taman yang baru dibangun untuk tambahan referensi tempat bermain. 

Dua Taman itu, yakni Taman Sejarah dan Taman eks Mapolres Majalengka.

Keduanya adalah ruang publik baru yang akan segera diresmikan dalam waktu dekat.

"Nanti tanggal 3 Januari 2022 Insya Allah diresmikan," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Majalengka, Agus Tamim, Rabu (29/12/2021).

Dijelaskan dia, walaupun pembangunan telah diselesaikan pada awal Desember, pihaknya masih belum membuka pagar pembatas proyek yang menghalangi taman tersebut.

Sebab, tegas dia, dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. 

Ditambah lagi, akan menghadapi libur natal dan tahun baru yang akan mengundang perhatian banyak orang.

"Kalau pembangunannya udah 100 persen selesai. Dari awal Desember sudah selesai. Kita khawatir mengundang perhatian banyak orang," ucapnya. 

Selain 2 taman baru, Taman Raharja yang baru-baru ini diberi sentuhan pembenahan akan diresmikan secara berbarengan dengan taman sejarah dan taman eks Mapolres Majalengka.

"Ada 3 taman berarti yang nanti akan kita resmikan secara bersamaan. Taman Raharja, Taman Sejarah, dan Taman Eks Mapolres Majalengka. Taman Raharja itu cuma diperbaiki area jogingnya, lampu-lampu tamannya sama tempat duduk juga," jelas dia.

Sementara, Taman Sejarah yang terletak di sebelah Bunderan Munjul itu, kata dia, nantinya masyarakat akan disuguhkan melihat perjalanan sejarah Majalengka dalam bentuk relief.

"Di dalam taman sejarah, nantinya akan diisi tentang sejarah Majalengka. Ada gambar-gambar Bupati terdahulu juga. Diorama sejarahnya berdiri Majalengka, cerita-cerita legenda juga dalam bentuk diorama," katanya.

Selain Taman sejarah, ruang publik baru juga terdapat di bekas Mapolres Majalengka, Jalan Bhayangkara.

Namun, ruang publik terkahir ini belum ada penentuan nama.

"Kalau penamaannya belum ditentukan, masih dipikirkan. Ada pedestarian, musala, sama tempat-tempat dagangan juga, termasuk taman," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved