Penghujung 2021, Kota Bandung Sabet Dua Penghargaan Sekaligus Soal Keluarga Sehat dan Stunting

Kota Bandung sabet dua penghargaan sekaligus di penghujung 2021. Berikut ini daftarnya

Tribunjabar.id
Plt Ketua TP-PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kota Bandung sabet dua penghargaan sekaligus di penghujung 2021 ini dengan kategori peringkat 3 Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Jabar dan penghargaan kota terbaik dalam pelaksanaan 8 aksi kovergensi penurunan stunting terintegrasi kategori paling inovatif di Jabar pada 2021.

Plt Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana menyampaikan penghargaan yang diraih merupakan hasil kolaborasi semua pihak, seperti program P2WKSS dan kerjasama dengan 32 organisasi perangkat daerah (OPD), seperti pembinaan ke 100 warga kurang mampu untuk mendapatkan kehidupan lebih sejahtera.

"Kami setiap tahun ada 100 perempuan dengan usia 15-64 tahun dibina. Pembinaannya disesuaikan dengan dinas terkait. Mendapatkan peringkat 3 kami bersyukur dan semoga kegiatan yang biasa kami lakukan terus berlanjut agar masyarakat sejahtera," ujarnya, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Kebakaran di Kota Bandung Malam Ini, Pemilik Rumah Meninggal, Satu Orang Alami Luka Bakar

Yunimar juga menyebut Pemkot Bandung terus berupaya menurunkan angka stunting. Pada 2019, Bandung Tanginas berkunjung ke kewilayahan untuk menurunkan angka stunting. Selain itu, TP-PKK Kota Bandung juga mengajak DKPP lewat Buruan Sae. Setiap minggunya ada ibu hamil, menyusui, dan ibu yang miliki anak di bawah dua tahun, yang diberikan pangan aman juga sehat.

"Kami bekerjasama juga dengan Baznas Kota Bandung, dengan memberikan bantuan Rp 1 juta per bulannya untuk setiap kelurahan guna mendukung program penurunan angka stunting di kelurahan yang ada di Bandung," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung, Rita Verita menjelaskan bahwa P2WKSS Kota Bandung sudah berjalan sejak 2016 dengan mengajak seluruh perangkat daerah meningkatkan ekonomi keluarga tak mampu melalui pelatihan dan keterampilan yang dapat menghasilkan bagi keluarga itu.

"Penghargaan ini bentuk kepedulian dari pemkot dan seluruh perangkat daerah untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan menuju keluarga sehat dan sejahtera. Penghargaan ini juga jadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat," katanya.

Rita pun berharap ke depannya P2WKSS Kota Bandung terus berkembang serta meluas cakupannya ke seluruh wilayah di Kota Bandung, sehingga akhirnya keluarga kurang mampu dapat meningkat ekonominya melalui keterampilan yang didapat dari pembinaan oleh perangkat daerah terkait. 

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved