Breaking News:

Bupati Dadang Genjot Penanggulangan Banjir di Kabupaten Bandung dari Normalisasi Hingga Pentahelix

Bupati Bandung Dadang Supriatna, langsung tancap gas melakukan program penanggulangan banjir, mulai normalisasi sungai, membuat folder air dan lainny

TRIBUNJABAR.ID/LUTFI AHMAD MAULUDIN
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat memperingati Hari Ibu ke-93 dan Hari Bela Negara ke-73, di Dome Bale Rame, Soreang, Rabu (22/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kejadian banjir menjadi permasalahan di Kabupaten Bandung setiap musim penghujan, terutama di beberapa daerah rawan banjir seperti Rancaekek, Bojongsoang, Baleendah, Dayeuhkolot dan lainnya.

Menyadari hal tersebut, sejak resmi menjadi Bupati Bandun, Dadang Supriatna langsung tancap gas melakukan program penanggulangan banjir, mulai normalisasi sungai, membuat folder air dan lainnya.

Program pentahelix yang merangkul pengusaha, masyarakat, dalam penanggualangan banjir, terbilang efektif. 

Bahkan dalam menanggulangi banjir, minimal mengurangi banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung, Pemkab Bandung, tak mengandalkan APBD, bahkan tanpa APBD.

Pengerukan sedimentasi sungai, pelebaran dan pendalaman, sungai langsung digencarkan oleh Dadang, sejak resmi menjadi Bupati Bandung.

Alhasil meski masih ada daerah yang terendam banjir, tapi jauh lebih sedikit  daerah yang terendam banjir, dan intensitas banjirnya pun, lebih kecil dibanding sebelumnya.

Normalisasi sungai yang masif dilakukan tentu membuahkan hasil, namun hal tersebut juga harus didukung oleh kesadaran masyarakat, minimal tak membuang sampak ke sungai.

Selain normalisasi sungai, Dadang juga berencana membuat folder air atau kolam retensi untuk menanggulangi banjir. Rencana pembuatan kolam retensi tersebut, seperti di Bojongsoang, Dayeuhkolot, dan Margahayu.

Tentu dengan semua program yang telah dan akan dijalankanya, terkait penanggulangan banjir, akan sangat berdampak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved