Modusnya Pura-Pura Mau Salat, Seorang Ibu Mencuri Dompet Jemaah di Masjid di Ciamis Terekam CCTV

Ulah tidak terpuji seorang ibu berkerudung mencuri dompet di sebuah masjid di Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya, Sabtu (25/12) sore terekam CCTV.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
dok DKM Masjid Nurul Iman
Rekaman CCTV menunjukkan seorang ibu yang nekat mencuri dompet jemaah di sebuah masjid di Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya, Sabtu (25/12/2021) sore. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Ulah tidak terpuji seorang ibu berkerudung mencuri dompet di sebuah masjid di Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya, Sabtu (25/12) sore terekam CCTV. Kejadian tersebut berlangsung persis pada hari libur Natal.

“Kejadiannya terekam CCTV, cukup jelas,” ujar HM Soekiman, ketua DKM masjid yang berlokasi di Desa Imbanagara tersebut kepada  Tribun Minggu (26/12).

Waktu kejadian menurut HM Soekiman, sedang berlangsung Salat Asar berjemaah. Di shaf perempuan hanya ada dua orang jemaah.

“Kebetulan yang menjadi imamnya saya,” katanya.

Saat Salat Asar berjemaah  sedang berlangsung, masuk seorang ibu-ibu berkerudung biru. Datangnya menggunakan sepeda motor.

Setelah masuk masjid, ibu-ibu tersebut langsung menuju arah lemari tempat mukena disimpan. Lantas mengambil mukena, dan menuju arah shaf perempuan. Pura-pura mau salat.

Tapi setelah dua kali sujud, pelaku tidak kunjung salat. Hanya pura-pura. Malah mengambil dompet yang disimpan di samping jemaah perempuan yang sedang salat.

Setelah berhasil mengambil dompet, pelaku terus menuju pintu keluar masjid. Dekat pintu, pelaku memasukan dompet yang baru dicurinya ke dalam tasnya. Dan melemparkan begitu saja mukena di karpet masjid.

Pelaku  kemudian keluar  menuju tempat parkir halaman masjid, dan kemudian pergi menggunakan sepeda motor.

“Waktu kejadian hujan lagi gerimis. Pelaku hanya pura-pura mau salat, waktu membawa kabur dompet jemaah, salat berjemaah masih berlangsung,” ujar HM Soekiman.

Dari rekaman CCTV, sepeda motor yang digunakan pelaku cukup teridentifikasi.

“Untuk jemaah, kalau lagi salat sebaiknya simpan tas atau dompet di depan. Jangan di samping apalagi di depan. Ternyata tidak semua yang datang ke masjid niatnya baik. Seperti yang dilakukan ibu-ibu tersebut,” katanya.

Di masjid yang dipimpinnya tersebut menurut HM Soekiman selama tahun 2021, ada beberapa kali jemaah yang kehilangan.

“Cuma pernah sekali kencleng masjid dicuri. Nekatnya lagi, kencleng yang dicuri tersebut disimpan di WC masjid, tapi isinya sudah dikuras. Kebetulan masjid ini berada di sisi jalan raya,” ujar HM Soekiman. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved