Breaking News:

Mahasiswa Fakultas Desain Unikom, Berprestasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) merespon positif program MBKM dengan menggerakkan seluruh program studi untuk terlibat dalam program MBKM

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dukung program MBKM 

TRIBUNJABAR.ID - Digulirkannya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memperoleh  beragam  tanggapan dari  perguruan tinggi. Program MBKM memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengikuti  pembelajaran 1 semester mengambil mata kuliah di luar program studi dan 2 semester melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi. Terdapat 8 program yang ditawarkan yaitu Pada Kegiatan Pembelajaran, program MBKM memberikan 8 kegiatan diantaranya Pertukaran Pelajar, Magang, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Proyek Independen & Membangun Desa.

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dukung program MBKM
Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dukung program MBKM ()

Universitas Komputer Indonesia (Unikom) merespon positif program MBKM dengan menggerakkan seluruh program studi untuk terlibat dalam program ini. Dipenghujung tahun 2021, Unikom memperoleh hibah Program Penelitian Kebijakan Penelitian MBKM dan PkM Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021 dari Ditjen Diktirstek.  Suatu pencapaian yang patut diapresiasi yang menunjukan pengakuan terhadap pelaksanaan program MBKM di Unikom. Melalui hibah ini Unikom memperoleh masukan dari program-program studi agar pelaksanaan MBKM menjadi lebih baik di periode pelaksanaan berikutnya.

Infografis MBKM 1
Infografis MBKM

Fakultas Desain sebagai Unit Pengelola Program Studi yang menaungi Program Studi Desain Komunikasi Visual (S1), Desain Interior (S1) dan Desain Grafis (D3) telah memulai keterlibatan dalam Program MBKM sejak Semester Ganjil Tahun Akademik 2021-2022. Walaupun baru  memulai, beberapa mahasiswa dari Program Studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior telah mengikuti program MBKM.

Infografis MBKM 1
Infografis MBKM 

Jeremia Nathan Andrea dan Fenindha Nur Fatimah bergabung dalam program magang di sebuah perusahaan game berskala internasional yang menjadi mitra Unikom yaitu PT Agate International. Setelah mengikuti seleksi dan dinyatakan kedua mahasiswa langsung mengikuti program-program yang telah disiapkan PT Agate Internasional.

Infografis MBKM
Infografis MBKM

Dari penuturan Jeremia, keikutsertaan dalam program MBKM menjadi suatu pengalaman yang berharga untuk mengetahui lebih mendalam  mengenai industri game dan memperkuat keinginan untuk mengembangkan karir di bidang game dan animasi. 

Infografis MBKM
Infografis MBKM

Mahasiswa lain yang mengikuti program MBKM adalah Holif Maulia yang mengambil Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan di SDSD Negeri Korenjen-20605930 Kota Serang Provinsi Banten. Menarik apa yang disampaikan oleh Holif, dengan mengikuti program MBKM ini maka ia dapat mengembangkan  inovasi media pembelajaran dengan berbasis pada keilmuan desain komunikasi visual yang telah dipelajari.

Infografis MBKM
Infografis MBKM

Kiprah mahasiswa-mahasiswa Fakultas Desain dalam program MBKM menunjukkan bahwa proses  pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning) memberikan dampak positif bagi perkembangan hard skill dan soft skillterutama yang berkaitan dengan keilmuan desain.

Infografis MBKM
Infografis MBKM
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved