Breaking News:

Pemkab Sumedang Perlu Rp 17 Miliar untuk Menata Makam Cut Nyak Dhien, Ini Peruntukannya

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang mengatakan dana sebanyak itu dibutuhkan untuk pengadaan lahan dan sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman saat memberikan keterangan kepada TribunJabar.id di Sumedang, Jumat (24/12/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, memerlukan dana Rp 17 Miliar untuk melakukan penataan kawasan makam pahlawan nasional, Cut Nyak Dhien di Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman mengatakan dana sebanyak itu dibutuhkan untuk pengadaan lahan dan sarana dan prasarana pendukung lainnya.

"Simulasi awal, kami (Pemkab Sumedang) butuh anggaran sekitar Rp17 Miliar dalam upaya penataan makam Cut Nyak Dhien, Rp9 Milyar di antaranya untuk pengadaan lahan, dan sisanya untuk pembangunan sarana dan prasarana pendukung lain," ujar Herman Suryatman kepada TribunJabar.id saat ditemui di Sumedang, Jumat (24/12/2021).

Baca juga: Ridwan Kamil Ziarah ke Makam Cut Nyak Dhien di Sumedang

Kendati demikian, ujar dia, pihaknya bakal terus berkoordinasi dengan Kementerian Sosial, Pemprov Jabar, dan Pemprov Aceh dalam upaya penataan makam pahlawan nasional asal Aceh tersebut.

Kemudian, lanjut Herman, pihaknya telah menyiapakan Detail Engineering Design (DED) untuk penataan area makam pahlawan nasional yang berlokasi tak jauh dari Alun-alun Sumedang.

"Kita sudah siapkan DED nya. Mudah-mudahan pada 2022, mendatang, semuanya telah sepakat. Paling telat di Anggaran perubahan bisa ditata atau dibangun," ujarnya.

Selain itu, kata Herman, penataan makam ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan atas jasa Cut Nyak Dhien.

"Penataan ini sebagai bentuk penghargaan kepada Cut Nyak Dhien. Kita akan tata makamnya biar lebih baik lagi dan repfersentatif," kata dia.

Baca juga: Pemkab Sumedang Bakal Menata Kawasan Makam Cut Nyak Dien, Ini Respon Mensos Risma

Menurut Herman, penataan akan dilakukan dengan membangun akses dari sayap selatan area makam. Sehingga, kata dia, nantinya akan ada lahan parkir yang representatif, warung-warung UMKM.

"Selain bentuk penghargaan kepada pahlawan nasional, kami berharap penataan ini akan berdampak juga terhadap sektor pariwisata di Sumedang, khususnya untuk wisata Ziarah," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved