Jalan Layang Pasupati akan Dinamai Mochtar Kusumaatmadja, Diusulkan Juga Jadi Pahlawan Nasional

Mochtar Kusumaatmadja diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Mantan rektor Unpad ini sangat berjasa bagi Indonesia.

TRIBUN JABAR/BUKBIS CANDRA ISMET BEY
Suasana di kawasan Jembatan atau Jalan Layang Pasupati, Kota Bandung saat melaksanakan Gerakan Earth Hour yaitu dengan memadamkan lampu selama 1 jam, mulai 20.30 hingga 21.30, Sabtu (19/3/2016) malam. Jalan Layang Pasupati akan diberi nama Jalan Mochtar Kusumaatmadja. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tengah memproses pengusulan Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja sebagai Pahlawan Nasional.

Namanya pun akan dijadikan nama jalan di Kota Bandung, dipakai untuk Jalan Layang Pasupati.

Pemprov Jabar sendiri telah menggelar Seminar Nasional Pengusulan Pahlawan Nasional Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja di Savoy Homann, Kota Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (22/12/2021).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan selain memperjuangkan Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional, pihaknya mempersiapkan nama tokoh Jabar ini untuk nama jalan di Ibu Kota Jabar, Kota Bandung.

Nama tersebut disematkan pada sebuah jembatan dan jalan layang, katanya, karena semangat Mochtar Kusumaatmadja yang telah menjembatani pulau-pulau di Indonesia.

Melalui gagasannya, laut bukan menjadi pemisah pulau-pulau, melainkan penyambung atau jembatan.

"Prof Dr Mochtar Kusumaatmadja melihat laut itu penyambung peradaban, bukan pemisah. Jadi fokus pada konsep menyambung termasuk rezekinya melalui ekonomi kelautan untuk kesejahteraan," ujar Ridwan pada seminar tersebut.

Mochtar Kusumaatmadja, katanya  jangan hanya dihargai sebagai pahlawan nasional. Melainkan ilmunya harus dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan.

"Lobi-lobi tugas saya, pastikan tahun depan kehormatan ini hadir karena sudah lama di Jabar (belum ada anugerah pahlawan nasional lagi), mudah-mudahan 2022 ada di Jabar," ucapnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved