Breaking News:

Direktorat Metrologi Kembangkan KSST Sejak Tahun 2017 di Bidang Metrologi Legal

Direktorat Metrologi sejak tahun 2017 aktif berkontribusi pada penerapan Kerjasama SelatanSelatan dan Triangular (KSST) di Timor Leste

Direktorat Metrologi
Direktorat Metrologi menyelenggarakan bimbingan teknis bagi SDM Metrologi Legal di Kiribati 

TRIBUNJABAR.ID , BANDUNG – Dalam rangka meningkatkan peranserta Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga melalui Direktorat Metrologi di tingkat internasional, Direktorat Metrologi sejak tahun 2017 aktif berkontribusi pada penerapan Kerjasama SelatanSelatan dan Triangular (KSST) di Timor Leste. Kegiatan bimbingan teknis, pendampingan dan konsultasi di bidang metrologi legal diberikan bagi SDM-SDM Metrologi Legal di Timor Leste.

Kegiatan dalam kerangka KSST tersebut diharapkan dapat membantu pengembangan penyelenggaraan kegiatan metrologi legal di negara tujuan dan secara umum meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan negara tujuan. Pada tahun 2021, Direktorat Metrologi mengembangkan dan memperluas jangkauan implementasi KSST tidak hanya dengan Timor Leste, tetapi juga dengan Republik Kiribati. Untuk itu, pada hari Rabu 22 Desember 2021, Direktorat Metrologi menyelenggarakan bimbingan teknis bagi SDM Metrologi Legal di Kiribati.

“Kegiatan bimbingan teknis di bidang metrologi legal bagi SDM Kiribati merupakan komitmen kami dalam peningkatan peran aktif di tingkat internasional. Kegiatan ini adalah yang pertama kami lakukan bersama dengan Republik Kiribati.” ujar Rusmin Amin, Direktur Metrologi pada pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis dengan topik pengenalan sistem metrologi legal.

Program bimbingan teknis bagi SDM Metrologi Legal dimaksudkan untuk membantu otoritas metrologi legal Republik Kiribati dalam mengembangkan sistem metrologi legal dan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan di bidang metrologi legal sehingga dapat menjalankan kegiatan metrologi legal sesuai dengan rekomendasi internasional. “Kami menyambut baik kontribusi Indonesia dalam memberikan bimbingan kepada Republik Kiribati.

Kami sedang menyusun perubahan Undang-Undang tentang Metrologi, dan kegiatan ini sangat membantu sehingga kami dapat berkonsultasi langsung.” Ujar Kammari Betiota, Director of Business Regulatory Center, Ministry of Commerce Industry Co-operative, Kiribati.

Kegiatan KSST dengan Republik Kiribati akan terus dikembangkan oleh Direktorat Metrologi, Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga sehingga kegiatan KSST ini dpaat
memberikan manfaat bagi Indonesia dan Kementerian Perdagangan tiak hanya untuk peningkatan hubungan diplomasi tetapi juga pengembangan pasar ekspor produk nasional Indonesia. “Kami akan terus menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis ini dalam 3 tahun ke depan dengan topik-topik yang dibutuhkan oleh Kiribati. Diharpkan kegiatan bimtek dengan Kiribati membuka peluang dan kesempatan lain yang dapat memberikan nilai tambah bagi Indonesia dan Kementerian Perdagangan.” Lanjut Rusmin Amin.

Akhir kata, peningkatan peran serta di tingkat internasional di bidang metrologi legal yang
merupakan salah satu langkah strategis Direktorat Metrologi untuk periode 2020 – 2024 dapat
memberikan nilai tambah bagi Kementerian Perdagangan dan dapat dikembangluaskan untuk
bidang-bidang lain terkait sektor perdagangan oleh unit-unit kerja di lingkungan Kementerian
Perdagangan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved