Breaking News:

Cetak Rekor MURI, Festival Mustikarasa Diikuti 62 Ribu Peserta, Memasak dari Buku Resep Bung Karno

Festival ini diikuti oleh 62 ribu peserta yang memasak 1.284 menu masakan.

Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Provinsi Jawa Barat mencetak rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas rekor sajian makanan terbanyak dari buku resep Mustikarasa. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Provinsi Jawa Barat sukses mencetak rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor sajian makanan terbanyak dari buku resep Mustikarasa.

Tercatat, sebanyak 62.025 peserta, terutama para siswa dan siswi yang ikut memasak makanan khas Indonesia dalam Festival Mustikarasa yang diinisiasi Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar.

Diketahui, Mustikarasa merupakan buku kumpulan resep masakan dari Sabang sampai Merauke yang lahir dari gagasan Proklamator Republik Indonesia Ir Soekarno.

Kegiatan ini pun dilaksanakan puncaknya pada Hari Ibu 22 Desember 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Dedi Supandi berharap melalui Festival Mustikarasa, siswa dan siswi di Jabar lebih kreatif dan bangga terhadap makanan khas Indonesia.

"Karena aneka masakan yang ada di Indonesia itu boleh diadu dengan negara lain. Masakan kita lebih kaya rasa, dengan berbagai rempah yang tumbuh subur di sini," ujar Dedi Supandi melalui ponsel, Kamis (23/12/2021)

Dedi Supandi mengatakan, pada pemecahan Rekor MURI Festival Mustikarasa, secara virtual peserta dapat memilih menu yang akan dihidangkan berdasarkan 1.221 masakan yang ada di buku resep Mustikarasa .

Pihaknya melibatkan praktisi pendidikan tingkat menengah jenjang SMP dan SMA/ SMK maupun guru di Provinsi Jawa Barat.

"Pesertanya dari seluruh Jawa Barat, yang terbagi dari 27 Kabupaten, 861 Sekolah, 7.157 video masakan, 1.284 jumlah menu makanan, 62.025 jumlah peserta," kata Dedi Supandi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved