Breaking News:

Libur Nataru 2022, Okupansi Hotel di Sumedang Lesu, Sulit Capai 20 Persen

Okupansi hotel di Sumedang diprediksi akan lesu saat libur Natal dan tahun baru.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail
Tribunjabar/Seli Andina Miranti
Ilustrasi hotel di Sumedang. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Okupansi hotel-hotel di Sumedang diprediksi lesu saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022 yang tinggal menghitung hari. 

Di Sumedang, keterisian kamar hotel diakui Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumedang tidak bergairah, bahkan keterisiannya di bawah 20 persen. 

Perhitungan tidak mencapai 20 persen itu bahkan diprediksi akan berlangsung hingga liburan usai. 

"Kondisi saat ini, tingkat hunian hotel di Sumedang diprediksi hanya berkisar di bawah 20 persen, kalau bisa mencapai 40 persen sudah jagoan," kata Dewan Pembina DPC PHRI Sumedang, Toto Budiarto, kepada TribunJabar.id, Rabu (22/12/2021) melalui sambungan telepon. 

Menurut Toto, tidak bisa dipungkiri bahwa larangan untuk mengadakan kegiatan perayaan malam tahun baru berpengaruh besar pada rendahnya okupansi hotel saat ini. 

"Sekalipun saat malam pergantian tahun di Sumedang ada kegiatan di hotel atau ada sesuatu yang bisa kita jual, okupansi hotel tidak pernah penuh, apalagi sekarang ada larangan kegiatan, sudah kebayang, kan, " ucapnya. 

Namun, di luar prediksi yang telah dikatakan, Toto berharap pada saatnya nanti okupansi hotel mencapai 20 persen bahkan 40 persen. 

Karenanya, dia tetap menekankan penerapan protokol kesehatan dengan bukti vaksin pengunjung. Aplikasi PeduliLindungi akan menjadi syarat wajib bagi tamu hotel di Sumedang

"Jelas, tamu hotel wajib penerapan aplikasi ini (PeduliLindungi) dan menyertakan sertifikat vaksinasi, dan hasil PCR," ucapnya.

Baca juga: Menjelang Nataru Okupansi Hotel dan Penginapan di Bandung Barat Lesu, Turun Sampai Angka Ini

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved