Breaking News:

Percepatan Penurunan Stunting Melalui Media Promosi Kesehatan di Klinik PMB Kecamatan Rancasari

UBK adakan Pengabdian Masyarakat dengan tema Percepatan Penurunan Kejadian Stunting Melalui Media Promosi Kesehatan di Klinik PMB Kecamatan Rancasari

UBK
Kegiatan Pengmas Hari Pertama Klinik PMB Kecamatan Rancasari Kota Bandung 

TRIBUNJABAR.ID,- Adanya pandemik Covid-19 di Indonesia yang mempengaruhi kegiatan pelayanan kesehatan salah satunya tidak terselenggarakannya program posyandu membawa kekhawatiran tersendiri bagi semua sektor yang terkait dengan kebijakan kesehatan terhusus bagi orang tua yang memiliki bayi balita dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang membutuhkan pengawasan.

Pemaparan Materi tentang Gizi Seimbang oleh Agustina, SST., M.MKes
Pemaparan Materi tentang Gizi Seimbang oleh Agustina, SST., M.MKes (UBK)

Faktor yang menyebabkan stunting yaitu factor ibu dan pola asuh yang kurang baik terutama pada perilaku dan praktik pemberian makan kepada anaknya. Pola asuh sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, dimana anak sangat membutuhkan suplai makanan dan gizi dalam jumlah yang memadai. Pola asuh orangtua merupakan salah satu masalah yang dapat mempengaruhi terjadinya stunting pada balita/ Pola asuh orangtua yang kurang atau rendah memiliki peluang lebih besar anak terkena stunting dibandingkan orang tua dengan pola asuh baik.

Untuk dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut, beberapa dosen dari Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Supriyatni Kartadarma, SKM., M.KM (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan), Intan Yusita, SST., M.Keb (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan), Cici Valiani, SST., M.Kes (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan), Linda Rofiasari, SST., M.Keb (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan), Agustina, SST., M.MKes (Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan) dan DR. Marita Kaniawati, M.Si (Dosen Fakultas Farmasi), telah melakukan Pengabdian Masyarakat dengan tema Percepatan Penurunan Kejadian Stunting Melalui Media Promosi Kesehatan Di Klinik PMB Kecamatan Rancasari Kota Bandung.

Penyerahan cinderamata oleh ketua tim pengmas Supriyatni K, SKM., M.KM
Penyerahan cinderamata oleh ketua tim pengmas Supriyatni K, SKM., M.KM (UBK)

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh kelompok 15 secara blended, kegiatan pertama dilaksanakan pada hari Jum’at 12 November 2021 bertempat di Aula Klinik PMB Bidan Desi Trisiani, SKM., M.Kes, kegiatan kedua dilakukan melalui media Grup Whatsapp dan kegiatan yang ketiga dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 November 2021. Sasaran pada kegiatan pengabdian masyarakat kelompok 15 ini adalah ibu yang memiliki bayi balita, materi terdiri dari dua bagian yaitu tentang Stunting yang disampaikan oleh Bidan Desi Trisiani, SKM., M.Kes dan Gizi Seimbang pada Bayi dan Balita disampaikan oleh Agustina, SST., M.MKes.

Pada kegiatan dilakukan pengisian kuesioner untuk mengukur pengetahuan ibu bayi balita sehingga diberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan stunting dan gizi seimbang. Kuesioner diberikan di awal sebelum diberikan penjelasan materi dan diberikan kembali pada akhir kegiatan. Hasil kuesioner menunjukkan terjadi peningkatan skor pada kuesioner akhir daripada sebelumnya. Hal ini menunjukkan ibu bayi balita mendapatkan informasi baru dari materi yang didapatkan dengan pemahaman yang benar.

Ketua tim Pengmas, Supriyatni Kartadarma, SKM., M.KM dengan penyerahan cinderamata
Ketua tim Pengmas, Supriyatni Kartadarma, SKM., M.KM dengan penyerahan cinderamata (UBK)

Kegiatan ini ditutup oleh ketua tim Pengmas, Supriyatni Kartadarma, SKM., M.KM dengan penyerahan cinderamata kepada mitra dan kepada ibu-ibu bayi balita.

ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1
ubk penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 (ubk)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved