Breaking News:

Turnamen Tenis Junior Tertua di Indonesia, Seneca Indonesia FIKS Sportama Junior Tennis Open Dibuka

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tenis junior Seneca Indonesia FIKS Sportama Junior Tennis Open 2021 ke-69 resmi dibuka.

Tribunjabar.id
Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tenis junior Seneca Indonesia FIKS Sportama Junior Tennis Open 2021 ke-69 resmi dibuka. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferdyan Adhy Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG  - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tenis junior Seneca Indonesia FIKS Sportama Junior Tennis Open 2021 ke-69 resmi dibuka. Bertempat di Lapangan Tenis Taman Maluku, Kota Bandung, Minggu (19/12/2021), 330 atlet siap bertanding untuk memperebutkan gelar juara.

Ketua Pelaksana, Meiske H Wiguna, mengatakan, Seneca Indonesia FIKS Sportama Junior Tennis Open 2021 seharusnya memasuki tahun ke-70. Namun karena kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang cukup parah di tahun 2020, maka turnamen ditiadakan.

Meiske mengungkapkan, untuk turnamen tahun ini, hanya ada Kelompok Umur (KU) 12, 14, 16, dan 18 tahun saja yang dipertandingkan. Keputusan ini menyusul rekomendasi dari Satgas Covid-19 yang mengharuskan pihak penyelenggara dan peserta sudah mendapat vaksin.

Baca juga: Latih 3 Kiper Persib Bandung, Luizinho Passos Pakai Raket dan Bola Tenis

"KU 12 itu yang terbanyak (pesertanya). Kita agak dibuka karena memang ada dari kecil tapi kita itu wajib atlet yang ikut di sini menyerahkan surat antigen ke desk turnamen masing-masing," ujar Meiske saat ditemui di Lapangan Tenis Maluku, Minggu (19/12/2021).

Dia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penyelenggaraan turnamen ini. Sebab sejak tahun 2016, pihaknya harus mencari dana sendiri setelah lepas dari sponsor lama.

"Tapi kemudian banyak yang support. Jangan sampai lepas. Jadi pada waktu itu hanya dalam waktu 8 hari harus menyelenggarakan. Jadi saya hanya kontak dengan Glenn Sugita. Dia nomornya 001 di FIKS dan Lawrence Barki. Dan waktu itu hanya dalam waktu 8 hari tiba-tiba diputus tapi tetap harus jalan," katanya.

Baca juga: Peternak Lele Cianjur Baru Mampu Penuhi Satu Ton Kebutuhan Untuk Jabodetabek, Potensinya Masih Besar

Sementara itu, Ketua Umum PP PELTI, Rildo Ananda Anwar mengungungkapkan bahwa turnamen seperti ini sangat penting bagi atlet-atlet muda. Sebab selama kurang lebih dua tahun, mereka hanya berlatih tanpa mengikuti pertandingan

"Saya selalu menekankan pertandingan itu adalah ukuran dari pada prestasi anak-anak. Jadi kalau cuman latihan tanpa ada pertandingan mereka juga tidak tahu kemampuannya," ujar Rildo Ananda Anwar.

Dia menambahkan, peran sponsor menjadi sangat penting dan hal utama agar kejuaraan-kejuaraan seperti ini bisa terus berjalan. Rildo mengajak kepada seluruh pihak untuk membantu karena tahun depan, kejuaraan tenis di Indonesia bakal lebih semarak.

"Sekarang tenis semakin semarak dan pada waktu itu semakin meningkat peminatnya karena tenis ini salah satu cabang olahraga yang aman untuk dimainkan karena mainnya di outdoor dan jarak antar pemain itu kan tidak body touch. "

Rildo pun berharap, dengan adanya Seneca Indonesia FIKS Sportama Junior Tennis Open 2021 lahir atlet-atlet berkualitas dan berprestasi seperti para senior. 

Baca juga: Pemerintah Tunda Pemberangkatan Umrah, Begini Respon Asosiasi FKS Patuh Jabar

"Kita harapkan atlet-atlet legend seperti Suwandi itu semua dari Jabar. Dan kita harapkan munculnya bibit junior ini yang akan menggantikan mereka," katanya.

Ketua Umum KONI Kota Bandung, Nuryadi sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Seneca Indonesia FIKS Sportama Junior Tennis Open 2021. Menurut dia, warga Kota Bandung akan sangat bangga terhadap terselenggaranya turnamen ini.

"Karena misi kami misi pemerintahan Kota Bandung semakin banyak jumlah orang yang terlibat di dalam klub artinya bagus. Dan  salah satunya dengan cara menyelenggarakan kejuaraan. Karena di kejuaraan itu akan merangsang para orang tua untuk mengikuti itu," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved