Breaking News:

Dinas Pertanian Kota Bandung Tanam 22 Ribu Pohon Tembakau di Cibiru

Penanaman pohon tembakau di lahan dua hektare milik Pemkot Bandung disambut antusias oleh para petani Cibiru. Pohon tembakau lebih mudah dirawat

Penulis: Tiah SM | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Dinas Pertanian Kota Bandung Tanam 22 Ribu Pohon Tembakau di Cibiru
Dedy Herdiana
ILUSTRASI petani panen daun tembakau

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ( DKPP ) Kota Bandung gencar menanam berbagai pohon, termasuk 22 ribu pohon tembakau di Kelurahan Palasari  Kecamatan Cibiru Kota Bandung, Rabu (15/12/2021).

Penanaman pohon tembakau di lahan dua hektare milik Pemkot Bandung disambut antusias oleh para petani Cibiru yang berjumlah 27 orang. Para petani menilai pemeliharaan pohon tembakau lebih mudah dan cepat panen.

Oya (67), petani Cibiru memilih tanam tembakau dibanding menanam cabe atau bawang. "Tembakau jarang gagal, mudah menanam dan memeliharanya tidak sulit, dua bulan bisa panen, " ujar Oya.

Menurut Oya, tembakau bisa disimpan lama dan harga bisa lebih mahal, sedangkan tomat atau cabe kalau disimpan malah busuk.

Oya berharap, pemerintah terus memberikan bantuan pohon tembakau karena sangat membantu petani untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sampai biaya sekolah anak.

Baca juga: Petani Tembakau Majalengka Berharap Ada Dampak Positif Dari Masyarakat Dengan Kenaikan Cukai Rokok

Bibit Tembakau Diambil dari Anggaran

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Eva Yosida, mengatakan petani tembakau di Kota Bandung binaan DKPP ada di dua Kecamatan di Ujungberung dan Cibiru.

Sebelum penanaman tembakau di Kecamatan Cibiru  22.000 pohon, ucapnya, ada penanaman 20.000 pohon  tembakau pada 1 Desember 2021 di Kelurahan Pasir Wangi, Kecamatan Ujungberung.

Penanaman dilakukan oleh 20 petani Kelompok Tani Mukti Wangi dan perwakilan dari Kelurahan Pasir wangi, Perwakilan Kecamatan Ujungberung serta Para Penyuluh DKPP yg dipimpin Koordinator Penyuluh Benni.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved