Breaking News:

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Santri, PLN Salurkan CSR ke 6 Pesantren di Sumedang

Perusahan Listrik Negara (PLN) memberikan bantuan modal untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan softskill santri pesantren di Sumedang.

PLN
Penyerahan simbolis dana program corporate social responsibility (CSR) YBM Jabar dan PLN UP3 Sumedang di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah di Kecamatan Tanjungkerta, Kamis (16/12/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Perusahan Listrik Negara (PLN) memberikan bantuan modal untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan softskill santri pesantren di Sumedang.

Melalui Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN, dana program corporate social responsibility (CSR) diberikan kepada 6 pesantren di Sumedang dengan penyerahan simbolis dilaksanakan di Pesantren Al-Hikamussalafiyyah di Kecamatan Tanjungkerta, Kamis (16/12/2021).

Ketua YBM PLN Jawa Barat, Ismail Haris, dan Manajer Bagian Keuangan dan Umum PLN UP3 Sumedang, Nanang Misbahul Huda saat berbincang dengan KH Sa'dulloh, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Kamis (16/12/2021)
Ketua YBM PLN Jawa Barat, Ismail Haris, dan Manajer Bagian Keuangan dan Umum PLN UP3 Sumedang, Nanang Misbahul Huda saat berbincang dengan KH Sa'dulloh, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Kamis (16/12/2021) (PLN)

Keenam Pondok Pesantren tersebut di antaranya, Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Pondok Pesantren Miftahul Hidayah, Pondok Pesantren Nuuru Ibaadirohmaan, Pondok Pesantren Sakinatul Abror , Pondok Pesantren Al Huda, dan Pondok Pesantren As Sarfah.

Ketua YBM PLN Jawa Barat, Ismail Haris mengatakan nilai bantuan untuk masing-masing pesantren beragam, sesuai dengan pengajuan permohonan bantuan yang sebelumnya dilayangkan masing-masing pesantren itu.

"Untuk Al-Hikamussalafiyyah sendiri nilai bantuannya Rp51,8 juta. Bantuan ini semoga memberi manfaat sebesar-besarnya kepada pesantren utamanya untuk mendukung pendidikan," kata Ismail Haris diwawancara TribunJabar.id di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, Tanjungkerta.

KH Sa'dulloh, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, menyampaikan apresiasi atas bantuan dari PLN tersebut. Dia mengatakan, dengan bantuan tersebut, rencana mengadakan pengembangan usaha media digital untuk para santri akan segera terwujud.

"Kami sampaikan apresisai kepada baitul mal PLN, sesuai dengan ajuan proposal, semoga PLN semakin berkah dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," katanya, di tempat yang sama.

Sa'dulloh juga mendoakan agar semua karyawan PLN mendapatkan keberkahan di dalam hidup, dalam perekonomian, dan berkah dalam berkeluarga.

"Sebab nyata sekali manfaat yang diberikan oleh PLN, dan semoga semakin besar kiprah PLN dalam mendukung kegiatan pesantren," ucapnya.

Manajer Bagian Keuangan dan Umum PLN UP3 Sumedang, Nanang Misbahul Huda menyampaikan terimakasih kepada YBM PLN Jawa Barat yang telah berkolaborasi dengan UP3 PLN Sumedang dalam membantu pesantren-pesantren.

"Tentu bantuan kepada pesantren ini akan berdampak kepada kinerja PLN, semoga doa dari para santri dan kyai dikabulkan dan menjadi tenaga bagi kami dalam menjalankan amanah," kata Nanang di tempat yang sama.

"Kegiatan penyaluran bantuan itu dipusatkan di Al-Hikamussalafiyyah karena kelima pesantren lainnya letaknya berjauhan, sehingga tidak mungkin untuk road show selesai dalam satu hari, " kata Nanang, menambahkan.

Pesantren Al-Hikamussalafiyyah sendiri sudah berdiri sejak 1977. Meski, ketika pesantren ini berdiri, pola mengaji barulah sistem "ngalong" atau tidak mondok di pesantren.

Pada tahun 2003, pesantren ini semakin maju bahkan telah resmi memiliki Raudatul-Atfal (RS), Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pada 2005 memiliki Madrasah Aliyah (MA), dan pada 2020 memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pesantren Al-Hikamussalafiyyah didirikan oleh KH Aliyudin. Kini, pola pendidikan di Al-Hikamussalafiyyah memadukan kurikulum departemen agama dan kurikulum murni pesantren yang di dalamnya padat dengan kegiatan mengkaji kitab-kitab bercetakan kertas kuning.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved