Breaking News:

Pil Obat Covid-19 Buatan Pfizer Diklaim Efektif Lawan Varian Omicron 90 Persen Manjur Cegah Kematian

Dilansir The Guardian, pil antivirus eksperimental Paxlovid, kata Pfizer pada Selasa (14/12/2021), juga efektif melawan varian Omicron yang saat ini m

Editor: Ravianto
courtesy Pfizer/AFP
Foto yang dirilis Pfizer pada Selasa (16/11/2021) menunjukkan produksi pil di laboratorium mereka di Jerman 

TRIBUNJABAR.ID - Obat Covid-19 dalam bentuk pil yang diproduksi Pfizer diklaim sangat efektif melindungi pasien dari penyakit parah akibat virus corona.

Dilansir The Guardian, pil antivirus eksperimental Paxlovid, kata Pfizer pada Selasa (14/12/2021), juga efektif melawan varian Omicron yang saat ini mulai menyebar di seluruh dunia. 

Dalam uji klinis, Paxlovid menunjukkan hampir 90% kemanjuran dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien Covid-19 berisiko tinggi.

Dengan hasil pengujian ini, Pfizer meminta izin kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk menggunakan pil buatannya sebagai obat oral pertama untuk Covid-19.

Regulator di Inggris bulan lalu menyetujui pil Molnupiravir yang diproduksi oleh Merck/Ridgeback, untuk digunakan pada pasien lanjut usia dan berisiko.

Namun persetujuan obat ini terhenti di AS karena masalah keamanan.

Pfizer berharap pengumumannya ini dapat mempecepat persetujuan dari FDA, sehingga warga AS dapat mengakses pil Covid-19 ini pada awal tahun depan.

"Kandidat antivirus oral kami, jika diizinkan atau disetujui, dapat memiliki dampak yang berarti pada kehidupan banyak orang, karena data lebih lanjut mendukung kemanjuran Paxlovid dalam mengurangi rawat inap dan kematian dan menunjukkan penurunan viral load yang substansial," kata Albert Bourla, kepala eksekutif Pfizer, dalam sebuah pernyataan.

"Perawatan potensial ini bisa menjadi alat penting untuk membantu memadamkan pandemi," lanjutnya.

Presiden AS, Joe Biden mengatakan telah memesan cukup banyak pil untuk mengobati 10 juta warga AS setelah ada data dari perusahaan yang meyakinkan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved