Breaking News:

Di Cianjur, Niat Sedekah Bisa Berujung Sanksi, Diimbau Tak Beri Uang ke Gelandangan dan Pengemis

Bila dengan sengaja memberikan uang kepada gepeng, anak jalanan maupun pengemis bisa dikenakan sanksi pidana kurungan atau sanksi denda.

medan.tribunnews.com
ilustrasi pria tidur di jalanan 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Pengendara mobil maupun motor diimbau tak memberi dengan sengaja uang kepada gelandangan, pengemis, pengamen, maupun anak jalanan, di perempatan atau jalan protokol jika tidak ingin dipidana atau sanksi denda.

Di beberapa perempatan di Cianjur, para pengamen, anak jalanan, gelandangan, maupun pengemis mulai menjamur.

Keberadaan mereka dianggap cukup mengganggu ketertiban umum, Satpol PP Kabupaten Cianjur memasang papan imbauan di tiga titik perempatan, dibantaranya perempatan Tugu Pramuka, perempatan Jebrod dan perempuan Toko Lily.

Baca juga: Seorang Gelandangan Habisi Nyawa Anak Bos Toko, Sakit Hati Karena Pernah Dianiaya

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetiady, mengatakan, pihaknya sengaja memasang papan imbauan sebagai sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami memasang itu karena sesuai Perda Nomor 1 tahun 2019 Jo Nomor 3 tahun 2020 tentang ketertiban umum,” ujar Hendri Kamis (16/12/2021) di Cianjur.

Hendri mengatakan, sudah jelas dalam pasal 61 Perda Nomor 3 tahun 2020 disebutkan apabila dengan sengaja memberikan uang kepada gepeng, anak jalanan maupun pengemis bisa dikenakan sanksi pidana kurungan atau sanksi denda.

“Hukumannya pidana kurungan tiga bulan atau sanksi denda Rp 50 ribu,” katanya.

Meskipun begitu, ungkap Hendri, sanksi pidana maupun sanksi denda tidak akan dulu diterapkan, karena hal dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Selain imbauan, kami juga akan melakukan razia ke sejumlah titik yang memang banyak gepeng, pengemis maupun pengamen,” katanya.

Baca juga: Selama Pandemi, ODGJ dan Gelandangan di Kota Bandung Sepi, Ini Buktinya

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved