Breaking News:

Jadi Komoditi Pertanian Global, PTPN VIII Perkuat Eksistensi Kelapa Sawit Melalui Sertifikasi RSPO

Dalam mendukung persaingan global Kelapa Sawit, PTPN VIII menerapkan sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Editor: Siti Fatimah
kompas
Ilustrasi kelapa sawit 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII merupakan salah satu anak perusahaan BUMN Holding Perkebunan yang berada di Provinsi Jawa Barat dan Banten. PTPN VIII mengelola beberapa komoditi, salah satunya yaitu Komoditi Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis).

Komoditi ini tersebar di beberapa kabupaten di antaranya Lebak, Pandeglang, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung Barat dan Subang dengan luas areal sebesar 19.288,97 Ha.

Saat ini Kelapa Sawit menjadi andalan dalam memperoleh cash in dalam memenuhi aktivitas operasional perusahaan.

Baca juga: Indonesia Produsen Kelapa Sawit Terbesar dan Kuasai Pangsa Pasar Minyak Sawit Dunia

Industri Kelapa Sawit mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa dasawarsa terakhir, dan menjadi kontributor penting dalam pasar minyak nabati dunia.

Kelapa Sawit sudah menjadi komoditi pertanian global utama yang digunakan dalam sejumlah besar produk pangan maupun non-pangan.

Hasil penelitian juga menemukan bahwa Kelapa Sawit dapat digunakan sebagai bahan bakar nabati yang menjanjikan.

Total produksi Minyak Sawit dunia diperkirakan lebih dari 45 juta ton, dengan Indonesia dan Malaysia sebagai produsen dan eksportir utama dunia, kemudian India, Cina, dan Uni Eropa sebagai importir pendukungnya.

Baca juga: BRIN Perkenalkan Helm Pakai Limbah Kelapa Sawit Hasil Inovasi dari IPB yang Lebih Aman dan Nyaman

Dalam mendukung persaingan global Kelapa Sawit, PTPN VIII menerapkan sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Penerapan sertifikasi RSPO merupakan salah satu Program Holding BUMN Perkebunan dan Key Performance Indicator (KPI) Direksi PTPN untuk komoditas kelapa sawit tahun 2021.

Tentunya sertifikasi RSPO mempunyai visi misi yang dapat mendukung kinerja PTPN VIII. Visi sertifikasi RSPO yaitu RSPO akan menjamin produksi Minyak Sawit dapat memberikan kontribusi untuk dunia yang lebih baik, sedangkan misinya yaitu RSPO mempromosikan produksi, pembelian dan penggunaan minyak sawit yang lestari, melalui pembangunan, penerapan dan verifikasi dengan menggunakan standar global yang kredibel, didukung oleh perjanjian dan komunikasi pada seluruh pihak terkait dalam rantai supply.

Adapun prinsip – prinsip RSPO yang harus dipenuhi untuk menjadi member RSPO yaitu melalui:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved